Tim Labfor Polda Jatim membeberkan hasil investigasi sementara kebakaran Gedung Tunjungan Plaza 5 di Jalan Embong Malang, Surabaya, Kaming (14/4/2022).

Bongkah.id – Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur menyatakan kebakaran Gedung Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022) bersumber dari plafon ruang bioskop di lantai 10. Api menjalar dan melahap empat lokasi lain.

Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim menjelaskan, empat lokasi yang terbakar berada di lantai 4, 5, 10 dan 11. Setelah ditelusuri, pihaknya menemukan sumber api berasal dari gedung bioskop.

ads

“Titik api muncul bagian luar teras sekitar plafon bioskop di lantai 10. Barang bukti yang kami bawa sisa abu kebakaran, ada kabel, dan ada bekas lampu,” ungkapnya usai penyelidikan forensik di lokasi kebakaran yang dilakukan Kamis (14/4/2022) mulai pukul 08.00–15.00 WIB.

Namun Sodiq belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Tim Labfor masih terus melakukan investigasi saat ini dan mensinkronkan temuan di lapangan, barang bukti dan keterangan saksi serta gambar teknis gedung Tunjungan Plaza.

“Kita belum bisa menyampaikan penyebabnya apa, karena masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. Mudah-mudahan 3-4 hari ke depan, bisa menghasilkan,” tukasnya.

Sebelumnya, beredar dua versi dugaan awal penyebab kebakaran yang disampaikan Pemkot Surabaya dan pengelola Tunjungan Plaza. Pemda menyebutkan, titik awal kebakaran bersumber dari semburan api kompor di salah satu resto.

Kesimpulan itu didasarkan dari munculnya asap paling pekat di resto dan di tempat permainan anak-anak. Dua lokasi tenant ini berada di lantai empat TP 5.

“Ini api pokok padam, tapi kok asap nggak berhenti-berhenti. Akhirnya kita kejar terus ini sumbernya dimana. Sampe akhirnya ketemu lah di tempat permainan anak-anak TP 5 lantai empat,” terang Kepala Dinas PMK Dedik Irianto Surabaya yang ditemui usai melakukan penyisiran di dalam Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022) malam.

Sementara Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi selaku pengelola Tunjungan Plaza mengungkapkan, sumber api diperkirakan berasal dari lantai 12.

“Jadi informasinya sumber api di perkirakan berasal dari short circuit chiller di lantai 12 dan api menjalar ke bawah dari ACP, facade building,” terangnya, Kamis (14/4/2022) dini hari.

Gedung TP 5 di Jalan Embong Malang, Surabaya, terbakar, Rabu (13/4/2022) petang. Kebakaran ini tak mempengaruhi aktivitas pusat perbelanjaan legendaris di gedung lainnya.

Baca: Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Api dari Lantai Atas

Pada Kamis siang, para pekerja di TP  sudah melakukan aktivitas seperti biasanya. Demikian pula, para pengunjung juga masih terlihat ramai.

“Tunjungan Plaza buka seperti biasa, kecuali TP 5,” kata Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi selaku pengelola Tunjungan Plaza, Kamis (14/4/2022).

Sutandi menjelaskan, TP 5 untuk sementara ditutup karena pengelola harus memperbaiki bagian gedung yang terdampak kebakaran. Selain itu, proses investigasi yang dilakukan kepolisian di tempat kejadian perkara (TKP) tidak boleh terganggu.

“Terkait hasil identifikasi penyebab kebakaran, kami menyerahkan kepada yang berwenang, dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya dan kepolisian,” ujarnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini