Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Prastya Yana membeber barang bukti dari razia balapan liar dalam konferensi pers, Senin (7/8/2023).

Bongkah.id – Gerombolan pemuda yang hampir satu bulan terakhir melakukan balapan liar di GOR Jayabaya Kota Kediri, Jawa Timur, akhirnya terciduk. Dalam razia, polisi berhasil berhasil mengamankan puluhan sepeda motor tidak sesuai dengan spesifikasi teknik (spektek).

Puluhan sepeda motor balap liar terjaring razia nggota Satlantas Polres Kediri Kota di kawasan Gor Jayabaya Kota Kediri pada Minggu (6/8/2023) sore. Penggerebekan menyusul laporan dari masyarakat yang resah dengan aksi balapan liar selama hampir satu bulan ini di lokasi itu.

ads

“Di lokasi (GOR Jayabaya) terlihat ada sekelompok anak muda ini melakukan balap liar,” kata Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Prastya Yana dalam konferensi pers, Senin (7/8/2023).

Menurut AKP Prastya, petugas kemudian langsung mendatangi sekelompok anak muda tersebut hingga mengamankan kendaraannya. Selanjutnya, petugas melakukan penindakan berupa tilang di tempat sebanyak 40 diantaranya 36 sepeda motor.

Tak hanya itu, kendaraan yang diamankan tersebut ada tidak sesuai dengan spektek seperti knalpot brong.

“Berdasarkan pengakuan pemilik kendaraan ini, aksi balap liar itu sudah berjalan 2-3 minggu atau hampir satu bulan,” ungkapnya.

Prastya menambahkan, dari puluhan pemilik motor tersebut mayoritas mereka berasal dari luar Kota Kediri seperti Ngadiluwih, Mojo, Kandat, Tarokan hingga Kabupaten Nganjuk. Sedangkan, mereka yang berasal dari Kota Kediri hanya ada empat anak.

Berdasarkan data, lanjut dia, usia mereka mayoritas pelajar dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Hanya saja, ada beberapa mereka yang usianya diatas 17 tahun.

“Saya harap dengan adanya penindakan ini bisa ada efek jera bagi mereka sehingga ke depannya aksi balap liar itu tidak terulang kembali,” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota. (ani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini