Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, M Ronny menjelaskan cara pengendalian hama yang menyerang tanaman padi milik petani di Dusun Karangkendal, Desa Gabus Banaran, Kecamatan Tembelang. Jombang, Jatim, Rabu (7/6/2023).

Bongkah.id – Petani di Kabupaten Jombang meningkatkan kewaspadaan. Hal ini menyusul serbuan hama yang menyerang 76 hektar lahan tanaman padi di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, M Ronny menjelaskan, hama yang menyerang tanaman padi milik petani itu diantaranya wereng batang coklat, hama kreksek padi dan juga hama tikus.

ads

“Saat ini kita sudah melakukan upaya untuk melakukan pengendalian penyerangan hama,” ujarnya. Rabu (7/6/2023).

Ronny menambahkan, serangan hama wereng batang coklat dan hama tikus ringan hingga sedang menyerang tanaman padi milik petani yang ada di empat kecamatan di Jombang.

“Untuk saat ini yang kita lakukan penanggulangan yaitu di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jogoroto, Sumobito dan Kecamatan Perak,” bebernya.

Dari 19.000 hektare lahan tanaman padi yang masuk Musim Tanam (MT) II di Kabupaten Jombang, tercatat 75 hektare terserang hama wereng ringan hingga sedang.

“Luas tanam 19000 hektare, akan tetapi tidak seluruhnya tanaman padi diserang, hanya sebanyak 76 hektare tanaman padi yang terserang,” ungkapnya.

Pihaknya menghimbau untuk para petani di Kabupaten Jombang agar tetap waspada terhadap keberadaan hama. “Terlebih ada upaya untuk mengantisipasi penyerangan hama,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini