Endrias Bambang Sugeng Purnomo, Ketua Asosiasi Kopi Wonosalam saat memetik kopi varietas Liberika di Desa Notorejo, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, (4/8/2023).

Bongkah.id – Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, merupakan bumi yang berpotensi menghasilkan banyak hasil bumi, salah satunya kopi yang memiliki varietas tersendiri. Selain robusta dan arabika, daerah itu juga dikenal menjadi penghasil kopi ekselsa yang menjadi unggulan dan varietas Liberika.

Kopi varietas Liberika ini ternyata memiliki kenangan yang sangat dalam dengan masa penjajahan Belanda. Konon, varietas Liberika adalah nenek moyang dari varietas ekselsa.

ads

Tidak banyak yang tahu jika Wonosalam juga penghasil kopi varietas Liberika. Apalagi, saat ini kopi jenis itu sudah jarang ditemui.

“Kopi liberika salah satunya dapat ditemui di kebun milik warga di Dusun Notorejo, Desa Notorejo, Kecamatan Wonosalam. Jumlahnya sebenarnya banyak di Wonosalam, namun belum teridentifikasi secara pasti,’’ ujar Endrias Bambang Sugeng Purnomo, Ketua Asosiasi Kopi Wonosalam, Jumat (4/8/2023).

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini