Warga mengamankan barang di rumahnya yang terendam banjir setinggi 30-50 cm di Perumahan Denanyar Asri, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (2/11/2022).

Bongkah.id – Kawasan perumahan Denanyar Asri, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terendam banjir, Jumat (2/12/2022). Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan air di saluran (drainase) dan pembuangan meluap ke permukiman warga.

Fiki (52), salah satu warga Perumahan Denanyar, mengungkapkan, hujan deras yang mengguyur sejak pukul 13.00 WIB mengakibatkan saluran irigasi yang berada di area permukiman meluap. Akibatnya, air setinggi 30-50 cm merendam ratusan rumah warga.

ads

“Saluran irigasi ini baru dilebarkan, tapi tetap saja masih meluap, karena buangan air yang dari arah selatan itu mengalir kesini (Utara),” kata Fiki, Jumat (2/12/2022).

Hingga saat ini, warga masih menunggu banjir di area permukiman surut. Sementara itu, Tindakan dari pihak BPBD Kabupaten Jombang masih mempersiapkan logistik dan melakukan pendataan rumah warga yang terendam banjir sembari menunggu banjir surut.

“Ya yang jelas kalau banjir nunggu surut. Jika banjir lebih tinggi kita segera kondisikan masyarakat itu untuk ke tempat pengungsian,” Tandas Kepala BPBD Jombang, Bambang Dwijo. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini