PRESIDEN Joko Widodo pasangkan pangkat Jenderal (bintang empat) dibahu Listyo Sigit Prabowo, setelah dilantik menjabat Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Rabu (27/1/2021) pagi.

Bongkah.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo  sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). Usai pelantikan, kedua jenderal polisi tersebut lansung melakukan serah terima jabatan (sertijab) dan penyerahan Panji di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Panji Tribrata Polri itu diserahkan langsung oleh Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021). Penyerahan Panji ini sekaligus melegitimasi mantan Kepala Bareskrim Polri itu memegang komando tertinggi di Korps Bhayangkara.

Upacara sertijab dan penyerahan Panji Tribrata Polri menerapkan standar protokol kesehatan. Hanya sejumlah jenderal polisi yang hadir secara fisik di Rupatama Polri. Sedangkan jajaran Polda mengikuti upacara ini secara virtual.

Baca Juga: Presiden Lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Proses sertijab ini sendiri diatur oleh SDM Polri. Karena dilangsungkan di tengah Pandemi Covid-19, acara itupun akan berlangsung dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ekstra ketat.

“Acara ini tentunya diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Setelah penyerahan Panji Tribrata, acara dilanjutkan dengan serah terima Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Nantinya, istri dari Idham Azis, Fitri Idham Azis akan menyerahkan kepemimpinan organisasi itu kepada istri dari Listyo Sigit, Juliati Sigit Prabowo. Acara dilanjutkan dengan pengangkatan ibu asuh Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia.

Esok Harus Lebih Baik

Dalam pidatonya, Jenderal Idham Azis berpesan kepada penggantinya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar membawa Polri menjadi lebih baik di bawah kepemimpinannya.

“Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” tutur Idham saat pisah sambut di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021).

Idham yakin Listyo dapat membawa perubahan transisi lebih baik untuk Polri menjadi institusi yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi). Ia pun mendoakan untuk keberhasilan kepolisian di masa yang akan datang.

Baca: Kapolri Listyo: Keselamatan Masyarakat Merupakan Hukum Tertinggi

Dalam kesempatan itu, Idham juga menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih terhadap masyarakat, TNI, hingga Polri. Ia meminta maaf bila ada kesalahan di masa jabatannya.

“Terakhir saya bersama keluarga mohon maaf apabila selama memimpin Polri ada salah dan khilaf baik yang disengaja maupun tidak disengaja yang telah kami lakukan,” ucap Idham.

Pada kesempatan berikutnya, Kapolri baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut bahwa kepemimpinan Idham Azis selama dia menjadi anak buahnya berjalan dengan sangat baik. Ia bahkan mengibaratkan Idham sebagai elang pemimpin yang bertanggung jawab.

“Elang pemimpin itu tidak perlu melahirkan dirinya seperti burung merak burung nuri ataupun burung kepodang untuk disegani dan dikenal oleh lawan dan kawan dan ini sejalan dengan pribadi beliau bapak Idham Azis,” kata Listyo saat memberikan sambutan dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri, Rabu (27/1).

Listyo pun menegaskan bahwa keberhasilannya selama memimpin Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga merupakan campur tangan dari sosok Idham azis. Ia menuturkan, selama ini banyak menerima banyak masukan dari Idham selama memimpin pucuk pimpinan Korps Bhayangkara sehingga dirinya bisa banyak mengungkap banyak kasus-kasus yang menarik perhatian publik.

“Tentu berkat dukungan dan arahan beliau. Beliau adalah sosok senior yang saya kagumi dan senantiasa menjadi teladan dan role model dalam kedinasan maupun kehiupan sehari-hari,” tambahnya. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here