GOLDEN TICKET. Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof. H. Mohammad Nasih mengumumkan, sebanyak 71 pendaftar SNMPTN tahun 2021 telah diterima lewat jalur 'Golden Ticket'.

bongkah.id – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meloloskan 71 siswa pendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 lewat jalur Golden Ticket. Mereka hasil seleksi dari 500 lebih pendaftar dengan 220 pendaftar yang memenuhi data administratif.

Dan, dari 220 pendaftar itu lolos 200 pendaftar, karena tidak lengkapnya data peringkat dan prestasi pendaftar. Selanjutnya dari 200 pendaftar yang diproses, ternyata didapatkan 71 pendaftar yang berhak mendapatkan Golden Ticket. Yang selanjutnya akan diverifikasi lebih lanjut.

“Anggap saja 71 pendaftar itu sudah mencapai tahap 90 persen untuk kemudian verifikasi final dengan PPMB (Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru),” kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, Kamis (25/2/2021).

Menurut dia, verifikasi final oleh PPMB dilakukan untuk mengecek ulang dari data-data yang sudah dikirimkan, sehingga didapatkan validitas atas pendaftar yang mendapatkan kesempatan itu benar-benar sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Dikatakan, jalur Golden Ticket merupakan mekanisme seleksi yang memungkinkan Unair untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa. Pada mekanisme Golden Ticket ini nilai akademik bukan suatu kemutlakan, melainkan mereka yang memiliki prestasi outstanding.

“Meski akademik bukan menjadi yang pertama, tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya,” ujarnya.

Adapun kriteria peserta SNMPTN yang bisa mengikuti jalur Golden Ticket ini adalah pertama, memiliki prestasi outstanding, yakni prestasi dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta prestasi tersebut linier dengan program studi yang dipilih.

Kedua, memiliki kemampuan leadership, yakni pernah menjabat menjadi ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.

“Selanjutnya penghafal Al-Quran ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMU atau sekolah yang tidak berbasis agama,” tambahya.

Pada kesempatan berbeda, Ketua PPMB Unair Dr. Achmad Solikin menambahkan, 71 calon mahasiswa yang lolos tahap pertama diharapkan untuk tetap melakukan komunikasi dengan pihak PPMB. Hal itu sebagai langkah untuk melakukan verifikasi final, tentang yang bersangkutan benar-benar memenuhi syarat peraih Golden Ticket.

Dikatakan Solikin, meski gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2021 sudah berakhir, PPMB Unair dengan sigap dan siap memberikan layanan informasi terkait berbagai informasi terkait proses seleksi dan masuk menjadi mahasiswa Unair ada di kampus setempat.

Sebagaimana diketahui, kuota mahasiswa baru di Unair pada tahun pendidikan 2021 ini sebesar 6.300 mahasiswa baru. Penerimaan dibagi dalam tiga jalur penerimaan. Yakni jalur SNMPTN, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.

“Kuota ini sedikit lebih banyak dari tahun lalu. Kuotanya masing-masing adalah untuk SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen dan Mandiri 30 persen. Kuota di jalur SNMPTN Unair sekitar 1.260 mahasiswa baru,” ujarnya. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here