PWI-JATIM-AWARD_Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat menerima penghargaan PWI Jatim Award 2020 yang diserahkan Ketua PWI Jatim Ainur Rohim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya

Bongkah.id – Setiap tahun, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim selalu membagikan anugerah PWI Award. Sebuah penghargaan yang diberikan pada kepala daerah, politisi, pelaku olahraga, pengusaha, dan tokoh yang selama satu tahun memiliki kontribusi dalam memajukan dunia pers dan keterbukaan informasi di Jawa Timur. Penghargaan itu dibagikan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

Untuk tahun 2020 ini, PWI Jatim memilih 18 tokoh yang layak dan patut menerima PWI Jatim Award 2020. Para penerima penghargaan itu, menurut Ketua PWI Jatim Ainur Rohim, dipilih sebuah tim seleksi yang terdiri dari para wartawan senior yang cukup lama bergelut di dunia jurnalistik.

Tolok ukur dalam pemilihan tersebut tidak sekadar berkontribusi dalam memajukan dunia pers dan keterbukaan informasi di Jatim. Namun, juga beberapa kriteria lain terkait manfaat dari kebijakan para nominator.

Jumlah calon penerima penghargaan untuk tahun 2020, diakui, jumlah awalnya lebih dari 80 tokoh. Setelah dilakukan pemilihan berdasar kriteria manfaat dari kebijakan yang dilakukan, maka didapatkan 40 besar.

Selanjutnya dari 40 tokoh yang lolos seleksi itu, dilakukan peringkat kualitas atas kebijakan tersebut. Dan, muncullah 18 tokoh yang secata kualitatif layak untuk mendapatkan penghargaan PWI Jatim Award 2020.

Penyerahan penghargaan PWI Jatim Award, dikatakan petinggi beritajatim.com ini, pada tahun-tahun sebelumnya diserahkan dalam sebuah acara yang sangat meriah. Pada tahun 2018 dan 2019 acara diselenggarakan di Gedunng Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo.

Penghargaan diserahkan bersamaan dengan penghargaan dari SIWO PWI Jatim, juga para pemenang lomba jurnalistik tulis dan foto. Sementara untuk tahun 2020 yang musim pandemi Covid-19, prosesi penyerahaan penghargan dilakukan secara khusus, mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang diatur dalam aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penyerahan penghargaan yang sudah dilaksanakan, salah satunya penghargaan untuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mantan Menteri Sosial ini mendapat penghargaan berupa “PWI Special Award 2020”.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ainur Rohim di Gedung Grahadi, Kamis (21/05/2020) malam, menyesuaikan waktu lowong ibu dari Fatimahsang Mannagalli Parawansa, Jalaluddin Mannagalli Parawansa, Yusuf Mannagalli Parawansa, dan Ali Mannagalli Parawansa tersebut yang disibukkan operasi penanggulan penularan virus Covid-19 di Jatim.

“Terima kasih kepada PWI Jatim atas penghargaan yang diberikan ini. Kami kian termotivasi untuk bekerja lebih maksimal untuk menjaga amanah yang diberikan masyarakat Jatim,” kata  Khofifah.

Menurut alumni Fisip Unair ini, pemerintah dan media harus selalu bersinergi, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Pemerintah tanpa media tidak akan dapat menyampaikan program dan rencana yang terbangun, untuk diketahui masyarakat secara cepat dan pas.

Misalnya, dalam menyampaikan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penularan virus covid-19. Demikian pula langkah-langkah yang sudah dilaksanakan pemerintah, untuk menangani para pasien yang terinfeksi.

Sementara itu, pria yang karib dipanggil Air itu mengatakan, penghargaan tersebut sangat tepat diberikan kepada gubernur. Ketua Fatayat Indonesia itu memiliki kepedulian dan kedekatan dengan media.

“Kontribusi beliau sangat besar dalam pengembangan keterbukaan informasi publik. Selalu cepat dan tanggap turun di lapangan ketika ada permasalahan atau bencana di Jatim,” katanya.

Di masa pandemi COVID-19 sekarang, tambahnya, kabar dari gugus tugas yang dipimpin langsung oleh Gubernur Khofifah, sangat informatif dan penting disampaikan ke masyarakat untuk mencegah semakin menyebarnya virus tersebut. “Gubernur selaku ketua tim gugus tugas memberi informasi secara jelas dari waktu ke waktu,” ujarnya. (ima)

Para penerima PWI Jatim Award 2020, selain Gubernur Khofiffah adalah

Kategori  Prime Achievement:

  1. KH. Hasyim Muzadi (Alm), Pendiri Ponpes Al Hikam, Malang
  2. Dr (HC) Ir. KH. Salahudin Wahid (Alm), Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang

Kategori Special Award :

  1. Pangdam V Brawijaya (2019-2020) Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi
  2. Kapolda Jatim (2018-2020) Irjen Pol Drs. Luki Hermawan
  3. Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dr. Mohammad Dhofir SH., MH. (2019-saat ini)

Kategori Bidang Olahraga:

  1. Menpora Zainudin Amali (Tokoh Olahraga)
  2. Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh (Tokoh Bidang Pembinaan Sepakbola Daerah)
  3. Manajer Madura United 2016-2019 Haruna Soemitro (Tokoh Bidang Pembinaan Sepakbola Profesional)

Kategori Bidang Pemerintahan:

  1. Menko PMK Prof Muhadjir Effendy (Tokoh Bidang Pemerintahan Pusat)
  2. Bupati Sumenep KH. Abuya Busyro Karim (Tokoh Bidang Pemerintah Daerah)
  3. Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, S.H, M.Hum (Tokoh Bidang Kelembagaan Legislatif)
  4. Anggota DPR RI Komisi XI H. Muhammad Sarmuji, M.Si. (Tokoh Bidang Politik)
  5. Kepala SKK Migas Jabanusa Ir. Nurwahidi (Tokoh Bidang Penguatan Energi)
  6. Kepala Bappeprov Jawa Timur Mohammad Rudy Ermawan Yulianto, ST, MMT. (Tokoh Bidang Birokrasi)

Kategori Profesional:

  1. CEO Pismatex Group Djamal Ghozi (Tokoh Bidang Ekonomi Bisnis)
  2. Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia Ir. Totok Paulus Lucida (Tokoh Bidang Pembangunan Perumahan)
  3. CEO Nyata Group Nany Widjaja (Tokoh Bidang Pers)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here