Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19.

Bongkah.id – Upaya pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19) di Jawa Timur semakin terlihat hasilnya. Hingga Selasa kemarin (21/7/2020), zona merah di provinsi ini hanya tersisa di tiga daerah dan angka kesembuhan mencapai 10 ribu pasien.

Ketiga wilayah yang masih kategori zona merah yakni Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Gresik. Jumlah ini berkurang tiga, dibanding sepekan lalu zona merah di Jatim masih ada di enam daerah.

Selama sepekan ini, angka sebaran Covid-19 di tiga daerah yakni, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, dan Kota Mojokerto telah membaik dan menjadui zona kuning. Sayangnya, di saat bersamaan situasi memburuk di Kota Pasuruan yang sebelumnya kategori zona oranye kini masuk zona merah.

Sementara 29 daerah yang sebelumnya masuk zona oranye kini turun menjadi 28 wilayah. Sedangkan untuk zona kuning yang semula tiga wilayah bertambah menjadi tujuh wilayah. Antara lain, Kabupaten Bondowoso, Madiun, Probolinggo, Ngawi, Tulungagung, Pacitan dan Lumajang.

“Kurang satu bulan kita berharap yang merah, oranye dan kuning berubah menjadi hijau,” kata Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran di gedung Rupatama Polda Jatim, Selasa kemarin.

Pada hari yang sama, data jumlah pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 348 orang. Sehingga totalnya ada 10.065 orang atau 53,45%. Sedangkan sebanyak 7.302 pasien (38,8%) masih dalam perawatan sejak 17 Juli 2020 lalu.

Tren peningkatan kesembuhan di Jatim ini sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Bahkan Jatim telah 12 kali menjadi provinsi dengan tambahan kesembuhan tertinggi nasional.

“Bila terus seperti ini, on the right track, kita optimistis sebulan ke depan perubahan zonanya juga lebih baik,” kata Fadil Imran.

Mantan Staf Ahli Kapolri bidang Sosial dan Budaya itu mengatakan, angka kesembuhan tertinggi pasien di Jatim, masih berasal dari Kota Surabaya yakni sebanyak 7.895 orang atau 56,1% dari jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Pahlawan. Tetapi prosentase tingkat kesembuhan tertinggi masih dipegang Kabupaten Tulungagung yakni 241 orang (97,9%). Sementara terendah Kabupaten Tuban 170 orang sembuh (50,6%).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut jumlah pasien Covid-19 di Jatim menanjak tinggi sejak dua pekan terakhir. Bahkan Khofifah mengatakan Jawa Timur tercatat 12 kali sebagai provinsi dengan angka kesembuhan tertinggi secara nasional.

“Dua pekan terakhir tren pasien sembuh sangat tinggi, bahkan Jatim tercatat 12 kali sebagai provinsi dengan angka kesembuhan tertinggi secara nasional,” ucap Khofifah.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah menyambut gembira perkembangan capaian penanganan covid-19 di Jatim. Namun ia meminta kemajuan ini tidak membuat masyarakat dan pemerintah terlena.

“Ini berita menggembirakan karena bisa ditekan sedemikian rupa zona merah tinggal tiga. Tapi jangan terlena karena seperti Madiun yang hijau menjadi kuning lagi,” kata Widodo.

Menurutnya, puncak kenaikan zona merah di Jatim, tertinggi pada periode 1 Juni hingga 5 Juli. Saat itu zona merah mencapai 10 hingga 15 wilayah. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here