Pengunjung menikmati alunan melodi selera Presiden RI melalui headphone di museum MINHA, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (21/8/2023).

Bongkah.id – Perkembangan musik di Indonesia terus berkembang dan trennya mengalami perubahan yang cukup signifikan sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Para pemimpin RI pun memiliki selera alunan melodi berbeda yang hampir semuanya diabadikan dalam Museum Islam Nusantara Hasyim Asy’ari (MINHA), Teurieng, Jombang Jawa Timur.

“Presiden juga manusia biasa, dibalik prestasi yang mereka dapat, justru perjalanan hidup juga tak luput dari musik,” ujar Koordinator Museum Galeri dan Cagar Budaya Kemendikbud RI, Pustanto. Hal itu disampaikan usai membuka museum keliling koleksi kepresidenan di MINHA Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (21/8/2023).

ads

Musik merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia, yang masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) termasuk musik-musik yang digemari oleh para presiden, oleh sebab itu adanya publikasi untuk masyarakat Indonesia wajib dilakukan.

“Melalui museum MINHA kita buka sedikit-demi sedikit cerita jalan hidup presiden, saat ini kita mulai dari musik yang mereka gemari,” bebernya.

Galeri musik favorit presiden Indonesia di MINHA terpampang lengkap mulai dari tulisan historis, handset, TV LED sebagai pelengkap. Disana, pengunjung dapat menikmati berbagai musik favorit para presiden Indonesia dengan nyaman.

Antara lain Sur Le Pont d’Avignon dibawakan oleh Budka Suflera yang digemari Presiden RI ke-III Bacharuddin Jusuf Habibie. Serta lagu Didi Kempot berjudul Sungkem yang sangat disukai Presiden RI ke-V Megawati Soekarno Putri.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini