LEGENDA Bollywood Amitabh Bachchan didiagnosa terinfeksi Covid-19. Kendati terkategori ringan, saat ini telah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit swasta di Mumbai sejak hari Sabtu [11/7/2020] sore waktu setempat.

bongkah.id Kabar mengejutkan datang dari Bollywood. Aktor Amitabh Bachchan (77 tahun), dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. Diagnosa itu diketahui dari hasil swab tes bersama keluarganya yang diterima pada Sabtu (11/7/2020) sore waktu setempat. Setelah mengetahui hasil diagnosa tersebut, legenda hidup perfilman India itu langsung memutuskan melakukan isolasi mandiri di salah satu rumah sakit swasta di Mumbai, ibu kota negara bagian Maharashtra.

Kabar terpapar pria yang populer dipanggil “Big B” ini berawal dari cuitanya di akun media sosial miliknya, Instagram dan Twitter. Ia menulis telah melakukan tes, dan positif.

Sore ini saya sudah menerima hasil swab tes. Hasil diagnosanya positif Covid-19 … sudah dipindahkan ke rumah sakit … otoritas sudah diinfokan … keluarga dan staf menunggu hasil test … Semua orang yang dekat denganku selama 10 hari terakhir, mohon melakukan tes diri kalian demi mendapat kepastian kesehatan,” isi status yang tayang di akun instagramnya.

Dalam melakukan isolasi mandiri untuk melakukan perawatan penyembuhan dari infeksi virus corona SARS-CoV-2 itu, ternyata kakek dari Navya Naveli Nanda, Agstya Nanda, dan Aaradhya Bahcan ini didampingi anak keduanya, aktor Abishek Bachchan yang dalam waktu sama, juga terdiagnosa positif terinfeksi Covid-19 lewat hasil swab tesnya.

AKTOR pengoleksi puluhan penghargaan dunia film India, Amitabh Bachchan [kiri] dan putra keduanya Abhishek Bachchan [kanan) didiagnosa terinfeksi Covid-19. Keduanya saat ini dirawat di rumah sakit swasta di Mumbai. Sementara menantunya, aktris dan mantan Miss World Aiswarya Rai [tengah) didiagnosa negatif.
Kepastian kabar Abhishek juga terinfeksi virus Corona itu, terlihat dari status yang ditulis di akun medsos Instragram dan Twitter miliknya. Suami dari aktris dan mantan Miss World Aishwarya Rai itu menulis, “Kami berdua memiliki gejala ringan. Kami telah dirawat di rumah sakit … Saya meminta semua untuk tetap tenang dan tidak panik“.

Sedangkan hasil swab tes dari Istri Big B, aktris Jaya Bhadhuri Bachchan bersama Aiswarya dan Navya yang diterima Minggu (12/7/2020) pagi via ponsel, menunjukkan hasil negatif.

Tak pelak lagi, kabar terinfeksinya Amitabh Bachchan oleh Covid-19 itu membuat geger dan berduka. Sejumlah artis mendoakan keluarga Bachchan. Akun medsos Twitter dan Instagram milik Big B itu hujan status.

Aktris dan mantan Miss World Priyanka Chopra yang kini tinggal di New York, AS bersama suaminya, aktor Nick Jonas menyampaikan ucapan, “Cinta dan positif Tuan (Sir). Cepat Sembuh,” di akun Instagram Amitabh Bachchan. Demikian pula di akun pribadi Priyanka.

Hal senada juga disampaikan artis lain. Misalnya, aktris Soonam Kapoor. Putri dari aktor Anil Kapoor ini menuliskan, “Semoga lekas sembuh Paman Amit,” di akun instagram Amitabh Bachchan. Juga, di akun Instagram dan Twitter miliknya.

Ekspresi lebih ekstrem, menurut Hindustan Times, ditunjukkan para penggemar pria bernama asli Inquilaab Srivastava itu dengan menghujani akun medsos sang legenda. Selain ucapan doa dan rasa sedih. Juga kiat-kiat untuk mempercepat kesembuhan dari Covid-19, seperti yang berhasil dilakukan penggemar tersebut.

Banyak juga kelompok-kelompok penggemarnya yang melakukan ritual religius. Memanjatkan doa untuk kesembuhan sang legenda. Penggemar beragama Hindu mendoakan di tempat beribadah Matha, Mandir (Mandira), Alayam (Kovil), Devasthana (Gudi), Devalayam (Kovela), Puja Pandal, dan Kshetram (Ambalam). Penggemar beragama Sikhisme mendoakan di tempat beribadah Gurdwara yang bertebaran hampir di setiap kota.

Sementara penggemar beragama Islam Sufi dan Syiah dilansir Janathani, terlihat memadati masjid-masjid, seperti yang dilakukan penggemar beragama Islam Syiah yang memadati Masjid Jami’ Qal’e Arg di kota bersejarah Bijapur, Provinsi Karnataka atau Masjid Bara Imbara di Lucknow. Juga, terlihat di Dargah Nizamudin di Delhi, masjid dan makam ulama sufi Syed Muhammad Nizamuddin Auliya dari tarekat Chistiah.

Besarnya jumlah penggemar Amitabh Bachchan di India itu, karena para penggemar menilainya sebagai sosok panutan masyarakat. Selain sangat ramah pada siapa pun, sang legenda suka membantu dan menolong masyarakat yang kesusahan. Misalnya, melunasi utang 1.398 petani dari negara bagian utara Uttar Pradesh pada tahun 2018. Total nilainya lebih dari 40 juta rupee atau sekitar US$ 500.000 (Rp 7,5 miliar/kurs Rp 15.000).

Demikian pula yang dilakukan saat Negara India menerapkan Lockdown, aktor kelahiran Allahabad (Prayagraj), Uttar Pradesh, itu setiap hari membagikan 2 ribu paket makanan untuk warga Mumbai yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, menyediakan jatah bulanan untuk ribuan pekerja upah harian yang bergabung dalam All India Film Employees Confederation.

Karena itu, penggemar serta masyarakat Mumbai khususnya, dan India umumnya menempatkan status penghormatannya nyaris sama dengan Mahatma Gandhi. Perkataan dan nasehat yang disampaikan aktor kawakan ini, sangat didengar, dipatuhi, dan dilaksanakan. Bahkan, masyarakat setiap tahun pada hari ulang tahun penerima banyak penghargan dunia film, 11 Oktober, untuk meminta berkat dan doanya. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here