Penampakan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang ditargetkan menjadi tuan rumah balapan MotoGP 2021 masih dalam progress pengerjaan dan uji coba lapisan perkerasan aspal berbutir (Subgrade) pada lintasannya.

Bongkah.id – Dorna Sports telah merilis kalender sementara jadwal MotoGP 2021. Indonesia masuk dalam daftar tuan rumah pada 20 seri balapan yang bakal digelar tahun depan

Indonesia masih harus bersaing dengan dua negara, Portugal (Portimao) dan Rusia (Igora Drive) yang juga yang juga masuk dalam daftar cadangan tuan rumah balapan MotoGP 2021. Jika terwujud, balapan motor dunia paling mentereng itu akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Seri balapan di Indonesia sempat tercantum sebagai salah satu tuan rumah pada 2021 sebelum dikeluarkannya kalender resmi sementara.

Dalam kalender sementara yang telah dirilis itu, hanya ada dua negara Asia Tenggara yang terlibat yakni Thailand dan Malaysia. Balapan di Thailand dijadwalkan berlangsung pada 10 Oktober, sementara Malaysia pada 31 Oktober 2021.

“Jika kalender sementara sudah final, maka Austria dan Britania Raya akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada Agustus, sebelum Aragon dan San Marino yang berlangsung pada September,” tulis keterangan resmi di situs MotoGP, Jumat (6/11).

Adapun seri pembuka MotoGP 2021 akan dilangsungkan di Qatar pada 28 Maret. Setelah itu,  balapan bergeser ke Argentina dan Amerika pada 11 dan 18 April 2021 dan menuju Benua Eropa mulai 2 Mei 2021.

“Untuk seri penutup akan digelar di Valencia pada 14 November 2021,” tutup keterangan tersebut.

Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, yang ditargetkan menjadi tuan rumah MotoGP memiliki panjang 4,31 kilometer. Lintasannya telah melalui uji coba lapisan perkerasan aspal berbutir (Subgrade) atau yang biasa di sebut Lapis Pondasi Atas (LPA) pada akhir Agustus lalu. Tahap selanjutnya, trial untuk tiga lapisan aspal di atasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here