Sugiat Penjabat (Pj) Bupati Jombang merupakan PNS Badan Intelejen Negara (BIN) yang kini menjabat Kepala BIN Daerah Sulawesi Barat

Bongkah.id – Sugiat Penjabat (Pj) Bupati Jombang dikenal supel dan berjiwa sosial tinggi. Anak sulung pasangan Sukayah dan Sudiarjo Akad warga Dusun Kalongan, Desa Japanan Kecamatan Gudo ini merupakan PNS Badan Intelejen Negara (BIN) yang kini menjabat Kepala BIN Daerah Sulawesi Barat.

Data yang dihimpun, Sugiat lahir dari keluarga sederhana. Ia mempunyai dua saudara masing-masing Sugiono, dan Sunanis Indriani yang kini menjadi guru di SDN Japanan 2 Gudo.

ads

Sugiat mengawali pendidikannya di SDN Japanan 2 Gudo lulus tahun 1980. Kemudian melanjutkan ke SMP PGRI Plemahan Kecamatan Ngoro (sekarang sudah dihapus) lulus tahun 1983 dan melanjutkan ke SPG-SD (sekarang SMAN 3 Jombang) lulus tahun 1986.

Indriani, adik kandung Sugiat saat ditemui mengatakan, usai lulus SPG, Sugiat langsung merantau ke Jakarta. Disana, ia pernah bekerja di bebeberapa perusahaan hingga pabrik. ”Setelah itu daftar ke BIN dan karirnya terus naik, sampai sekarang di Kabinda Sulbar,’’ tambahnya.

Dimata keluarga, Sugiat dikenal sebagai sosok saudara yang tegas, supel serta rendah hati. Sejak SD Sugiat juga paling pintar diantara suadara-saudaranya. ”Dia bahkan paling pintar diantara kami bertiga,’’ tambahnya.

Sebagai keluarga ia mengaku bangga dengan saudaranya yang ditunjuk menjadi Pj Bupati Jombang oleh Kemendagri. ”Saya merasa bangga sekali dan bahagia karena suadara kandung saya, yang juga putra daerah Jombang menjadi Pj Bupati meskipun hanya satu tahun,’’ tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Lukman Hakim, kakak ipar Sugiat. Ia dikenal sosok yang supel dan berjiwa sosial tinggi. ”Pak Sugiat adalah orang yang berjiwa sosial tinggi. Dengan teman SMP maupun SPG dia masih sering komunikasi. Mangkanya mendengar informasi beliau ditunjuk jadi Pj Bupati kami merasa sangat bangga,’’ ujar dia.

Sugiat menikah dengan adik kandung istrinya, bernama Erani Agustiningsih warga Dusun Sukomulyo, Desa Blimbing Kecamatan Gudo. Saat ini, Sugiat bersama kelaurganya tinggal di Jakarta. ”Kalau pulang jarang, mungkin waktu lebaran atau ada acara di rumah,’’ tambahnya.

Dari cerita yang pernah dia dengar, Sugiat memulai karirnya di BIN. Hingga sekarang dipercaya menjadi Kabinda Sulbar. ”Sebelumnya juga pernah menjabat beberapa jabatan, salah satunya direktur di BIN,’’ terangnya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Japanan Gudo, Suwaji membenarkan Sugiat adalah warga kelahiran Dusun Kalongan, Desa Japanan. ”Beliau lahir dari keluarga sederhana, dari tiga bersaudara,’’ ujar dia.

Sepengetahuan dirinya, Sugiat mengawali pendidikan di SDN Japanan 1. Kemudian pindah ke SDN Japanan 2 karena jarak dengan rumah lebih dekat. ”Dulu ada SDN Inpres Japanan (sekarang SDN Japanan 2). Setelah SD melanjutkan ke SMP PGRI 1 Plemahan, namun sekarang SMP nya sudah dihapus,’’ jelas dia.

Informasi ditunjuknya Sugiat menjadi Pj Bupati Jombang, kali pertama ia mendengar pada Mei lalu. Saat itu, ia mendengar informasi jika ada orang BIN asli Japanan yang akan ditunjuk jadi Pj Bupati. ”Kemudian saya tanyakan suadaranya, katanya iya, tapi belum bisa memastikan,’’ jelas dia.

Dia berharap, dengan ditunjuknya Sugiat sebagai Pj Bupati Jombang dapat membawa kemajuan dan keberkahan untuk masyarakat Kabupaten Jombang. “Khususnya juga untuk warga Desa Japanan,’’ pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini