Karnaval Kemerdekaan RI di Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Minggu (24/8/2024). Bongkah.id/Yoga/
Karnaval Kemerdekaan RI di Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Minggu (24/8/2024). Bongkah.id/Yoga/

Bongkah.id – Puluhan RT yang ada di Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, Sidoarjo mengikuti Karnaval 17 Agustus 2024. Mereka yang terbagi dalam grup setiap RT itu, mengusung berbagai tema soal perjuangan dan budaya asli Indonesia.

Sejumlah tema itu, diantaranya soal cerita Ande-Ande Lumut, Jawa Timuran, perjuangan Meraih Kemerdekaan serta sejumlah tema lainnya. Tidak hanya tema yang berbeda-beda, akan tetapi seluruh peserta juga mengenakan pakaian yang bermacam-macam. Mulai pakaian adat Jawa Timur hingga pakaian modifikasi dari hasil bumi (pertanian). Bahkan ada pula yang mengusung tema politik dalam negeri.

ads

“Dengan semangat HUT RI ke 79, Nusantara Baru Indonesia Maju kami memberangkatkan para peserta Festival Karnaval antar RT Desa Kedungsolo,” ujar Kepala Desa Kedung Solo, Suwono saat ditemui. Minggu 25/08/24

Dalam penampilannya, para peserta tidak hanya mengenakan pakaian adat dan pakaian hasil modifikasi. Akan tetapi, setiap penampilan RT juga dilengkapi mobil yang berisi sound system’ serta berbagai gunungan berisi hasil bumi dan berbagai menu makanan ringan. Sontak acara yang meriah itu dipenuhi dengan berbagai yel-yel ciri khas masing-masing RT.

“Semoga dengan adanya momen peringatan HUT RI yg ke 79, warga desa Kedungsolo semakin guyup, maju, dan makmur kehidupannya. Tidak ada sekat dan perbedaan status sosial,” kata Ketua RW 02, Irfan.

Sementara itu, Ketua RW 02 Sukandar menjelaskan tim juri merasa kebingungan menentukan pemenang, karena karnaval yg diadakan setingkat rt tapi keguyuban, kreatifitas, tema yg diusung warga dan meriahnya seperti tingkat kabupaten.

“Karnaval ini bukan soal menang dan kalah, bukan juga soal unjuk kehedonan warga. Tapi karnaval ini adalah sebagai bentuk gotong royong, kegugupan, toleransi dan partisipasi warga,” kata dia. (yg/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini