Bambang (50), menunjukkan pohon pisang bertandan tiga yang ditanam di pekarangannya, Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jatim, Sabtu (22/7/2023).

Bongkah.id – Sebuah pohon pisang Berlin (ulin) di tanah pekarangan milik, Bambang (50), Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jatim, melahirkan fenomena unik. Pohon itu membuahkan membuahkan rangkaian buah pisang bertandan tiga.

Sepintas, pohon pisang Berlin (ulin) tersebut terlihat berbentuk seperti pisang pada umumnya. Namun, jika diamati lebih detil, pohon tersebut memiliki buah bertandan tiga.

ads

Bambang mengungkapkan, lahan pekarangan yang ditanami pisang ini berawal dari sebuah kebun yang rimbun banyak rumput ilalang. Namun siapa sangka jika pohon pisang yang ditanam itu justru tumbuh subur hingga bertandan tiga.

“Awalnya bapak (Alm) yang menyuruh untuk di tanami pisang dan setiap di tanami pisang Ambon mati ,pisang susu juga mati, pisang calvendis juga mati dan akhirnya nanam pisang Berlin (ulin) ini bisa berbuah sampai sekarang bertandan 3,” ungkapnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (22/7/2023).

Bambang mengatakan pisang Berlin (ulin) yang tumbuh itu merupakan buah pertama sejak ia menanamnya.

“Pisang ulin ditanam rencananya untuk di sajikan untuk tamu karena buahnya kecil – kecil dan cocok untuk di suguhkan kepada tamu dan perawatan juga sangatlah mudah,” tambahnya.

Bambang  menambahkan untuk tanaman pisang unik ini akan ia rawat sampai panen sekitar 3 sampai 4 bulan.

“Biasanya pisang berlin hanya tumbuh bhah satu tandan, bukan tiga tandan,” katanya.

Warga sekitar Sogol (71) mengatakan baru kali ini ada pohon pisang Berlin yang bertandan 3 di Desa Banjardowo sebelum itu tidak lernah terjadi dalam fenomena tersebut.

“Mengetahui pohon pisang Berlin bertandan tiga ini sejak muncul jantung pisangnya dan sampai sekarang tetap ada pohon pisangnya,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini