Bupati Mojokerto memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Wilayah (Binwil) tahun 2023 dengan sub kegiatan tertib administrasi pengelolaan keuangan desa, Selasa (21/3/2023).

Bongkah.id – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memintya seluruh jajaran Forkopimca se-Kabupaten Mojokerto untuk menjaga pengelolaan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku. Arahan disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Wilayah (Binwil) tahun 2023 dengan sub kegiatan tertib administrasi pengelolaan keuangan desa.

Pelaksanaan Binwil yang diselenggarakan di Hotel Grand Whizz, Trawas, Selasa (21/3/2023) siang. Rakor tersebut dihadiri Plt. Asisten I Sekda Kabupaten Mojokerto Nugraha Budhi Sulistya serta perwakilan Forkopimda serta Forkopimca dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.

ads

“Makannya, ini menjadi kewajiban kita semuanya, bagaimana pemerintahan desa ini sebisanya dapat mengelola uang yang mengalir ke rekening desa ini sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga, ini yang akan menjaga mereka dari tuntutan-tuntutan dan pelaporan-pelaporan atau terjerat dari permasalahan hukum,” kata Ikfina.

Terkait masalah pengelolaan dana desa, Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa Inspektorat memiliki hak penuh dalam memeriksa semua desa yang ada di Bumi Majapahit. Selain itu, terdapat pula suatu mekanisme yang akan menyaring desa untuk dilakukan pedalaman.

“Keseluruhan by sistem, baru kemudian akan ada penyaringan indikator, sehingga nanti akan ketemu desa-desa mana yang akan dilakukan pendalaman. Pendalaman itu dalam bentuk, misalkan pemberian apa, nanti di-cross check dengan yang ngomong, kalau ada temuan, hal ini harus diselesaikan dalam waktu 60 hari tanpa disentuh,” ujarnya.

Maka, untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang timbul, Ikfina meminta, peran serta seluruh jajaran untuk menjaga pemerintah desa agar bisa mengelola keuangannya dengan baik.

“Kemudian meminimalkan peluang-peluang gesekan-gesekan permasalahan-permasalahan sosial-politik serta peluang-peluang kesalahan atau keteledoran dalam hal pengelolaan keuangan desa,” pungkasnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini