Petugas PPS-KPPS melakukan simulasi pemungutan suara di halaman Kantor KPU Jombang, Selasa (19/12/2023)

Bongkah.id – KPU Kabupaten Jombang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. Kegiatan bertujuan memberikan gambaran dan bimbingan teknis kepada jajaran PPK dan PPS dalam kegiatan pungut hitung suara pada 14 Februari 2024.

Simulasi dilaksanakan di kantor KPU Jombang, Jalan KH Romly Tamim, Selasa (19/12/2023) sore. Kegiatan diikuti 105 orang PPK.

ads

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi menyampaikan, kegiatan pungut hitung suara merupakan puncak penyelengaraan pemilu. Untuk itu, kegiatan tersebut menjadi atensi serius jajaran KPU.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan gambaran baik kepada penyelenggara pemilu maupun masyarakat tentang kegiatan pemungutan dan penghitungan suara,’’ kata Abdul Wadud Burhan Abadi.

Kegiatan pemungutan dan penghitungan suara yang digelar di 3.858 TPS di Jombang 14 Februari mendatang akan melibatkan seluruh unsur penyelenggara pemilu. Mulai dari tingkat PPK, PPS, KPPS, maupun Satlinmas. Serta ditambah unsur penyelenggara lain.

”Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari bimtek yang kita gelar kepada 105 PPK dan 918 PPS sebelumnya. Kegiatan ini kita lakukan secara berjenjang dan berkala,’’ papar dia.

Dalam kegiatan simulasi ini, KPU mempraktekkan pungut hitung secara lengkap. Mulai petugas KPPS yang menyiapkan formulir C pemberitahuan kepada pemilih dengan mendatangi pemilih hingga kegiatan coblosan yang dilakukan pemilih berikut langkah-langkah mereka dalam mengikuti pemungutan suara.

”Semua kita praktekkan secara lengkap mulai pemilih datang ke TPS hingga keluar ke TPS. Kita harapkan dengan kegiatan ini ada masukan dari penyelenggara pemilu dan masyarakat agar kegiatan pungut hitung nanti berjalan sukses,’’ pungkas Ketua KPU Jombang. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini