KETIGA paslon saat konferesi pers, seusai undian pemilihan nomor urut. Yakni pasangan independen Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto (nomor urut 1), Hendy Siswanto – M. Balya Firjaun Barlaman (nomor urut 2), dan Abdus Salam – Ifan Ariadna Wijaya (nomor urut 3).

bongkah.id – Dalam Wikipedia, kata Tuhan dipahami sebagai Roh Maha Kuasa dan asas dari suatu kepercayaan. Tidak ada kesepakatan bersama mengenai konsep ketuhanan, sehingga ada berbagai konsep ketuhanan. Yakni teisme, deisme, panteisme, dan lain-lain. Karena itu, ada banyak nama untuk menyebut Tuhan. Nama yang berbeda-beda itu melekat pada gagasan kultural tentang sosok Tuhan. Demikian pula sifat-sifat yang dimiliki-Nya.

Namun, tidak demikian dalam dunia politik di Indonesia. Tuhan bisa menjadi nama seorang manusia. Fakta itu ditemukan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jember 2020. Jumlahnya tidak satu. Tapi lima orang. Kelima Tuhan itu tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Lima nama Tuhan itu tersebar di lima kecamatan. Satu orang berada di Kecamatan Arjasa, satu orang di Kecamatan Balung, satu orang di Kecamatan Patrang, satu orang di Kecamatan Kencong, dan satu orang di Kecamatan Sumberbaru,” kata anggota KPU Jember Ahmad Hanafi di Kantor KPU setempat, Senin (19/10/2020).

Menurut dia, nama “Tuhan” tersebut sudah masuk DPT pemilu sebelumnya. Yakni pada Pemilu 2014 dan 2019. Nama tersebut benar-benar ada. Bukan hasil rekayasa. Itu dibuktikan oleh dokumen Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Kelima pemilih bernama ‘Tuhan’ itu berjenis kelamin laki-laki. Mereka juga masuk sebagai pemilih di masing-masing TPS yang berada di sekitar rumahnya,” ujarnya.

Dibandingkan Pemilu 2019, pemilik nama “Tuhan” pada Pilkada Jember 2020 berkurang satu orang. Sebab dalam Pemilu 2019 tercatat sebanyak enam orang bernama “Tuhan” yang masuk DPT. Sementara saat ini tersisa lima pemilik nama Tuhan. Yang seorang kemungkinan sudah meninggal.

Kelima Tuhan itu berdasarkan data KPU Jember, warga bernama Tuhan di Kecamatan Balung tercatat sebagai pemilih di TPS 015 Desa Tutul, pemilik nama Tuhan di Kecamatan Kencong tercatat pemilih di TPS 048 Desa Kencong, pemilik nama Tuhan di Kecamatan Arjasa masuk dalam pemilih di TPS 008 Desa Kemuninglor, pemilik nama Tuhan di Kecamatan Patrang terdaftar sebagai pemilih di TPS 007 Kelurahan Slawu, dan Tuhan yang di Kecamatan Sumberbaru akan menyalurkan hak pilihnya di TPS 013 Desa Pringgowirawan.

Dalam Pilkada Jember 2020 yang akan digelar 9 Desember nanti, sebanyak tiga pasangan calon (Paslon) akan bersaing memperebutkan suara di DPT yang berjumlah 1.825.386 pemilih. Dengan rincian 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan. Para pemilih itu tersebar di 248 desa/kelurahan. Sementara jumlah TPS keseluhannya sebanyak 4.752 titik.

Ketiga paslon itu adalah pasangan independen Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto (nomor urut 1), Hendy Siswanto – M. Balya Firjaun Barlaman (nomor urut 2), dan Abdus Salam – Ifan Ariadna Wijaya (nomor urut 3). (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here