Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi terpilih pimpin Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

bongkah.id – Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi terpilih pimpin Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Alumni AAL tahun 1992 ini menggantikan Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), yang dipromosikan jabatan bintang dua. Menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) di Jakarta.

Sebelumnya, Agus Hariadi adalah Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak. Posisi Agus digantikan Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rukman.

Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Kodikopsla dari Komandan Kodiklatal diwakili Wadan Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman M.Si (Han) kepada Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi di Gedung Bima Sakti Kesatrian Kodikopsla, Ujung, Surabaya, Rabu (19/8/2020).

Keterangan tertulis dari Bagpen Kodiklatal menyebutkan, jabatan Komandan Kodikopsla ini sebelumnya kosong. Pejabat lama harus menempati jabatan baru. Sementara penggantinya belum ada.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan, proses sertijab pada hakikatnya merupakan dinamika dan kebutuhan organisasi. Tujuannya menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

Amanah yang dipercayakan, menurut dia, mengandung arti betapa besar dan tingginya harapan pemimpin TNI AL terhadap kapabilitas. Pun kompetensi pejabat yang ditunjuk dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya.

Ditegaskan, Kodikopsla sebagai unsur pelaksana Kodiklatal. Bertugas melaksanakan pendidikan lanjutan perwira, pendidikan ilmu kepelautan, pendidikan khusus pendidikan hidrografi oseanografi, dan pendidikan intelijen maritim.

Selain itu, melaksanakan pengkajian. Demikian pula pengembangan doktrin pada tataran taktik operasi tempur laut. Juga, mengoordinasikan, mengawasi, mengendalikan pusdik-pusdik di bawah kodikopsla. Dan membina kekuatan, termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

Kepada Laksma TNI Agus Hariadi, Dankodiklatal mengucapkan selamat datang di Kodiklatal. Selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Kodikopsla.

“Kepercayaan, kehormatan dan penghargaan tinggi dari pemimpin TNI AL, untuk menerima tugas dan tanggung jawab jabatan strategis ini, hendaknya memacu semangat berprestasi lebih baik lagi. Demi keberhasilan tugas pokok Kodiklatal,” katanya.

Sedangkan Kepada seluruh jajaran direktorat Kodiklatal, para perwira dan seluruh anggota staf Kodikopsla, Dankodiklatal berharap tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada pejabat yang baru demi tercapainya tugas pokok organisasi.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat Utama Kodiklatal antara lain para Direktur, Komandan Kodik dan Puslat serta para Komandan Pusdik dan Komandan sekolah dijajaran Kodikopsla. (rim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here