APOLI JUARA COPPA ITALIA 2019-2020
Napoli berhasil merealisasi mimpinya merebut predikat juara Coppa Italia musim 2019-2020. Prestasi itu dibukukan di Stadion Olimpico

bongkah.id ‐ Napoli berhasil merealisasi mimpinya merebut predikat juara Coppa Italia musim 2019-2020. Prestasi itu dibukukan dengan mengalahkan Juventus 4-2 dalam adu penalti di Stadion Olimpico, Kamis (18/6/2020) dini hari waktu Indonesia.

Kemenangan Napoli musim ini merupakan keenam kalinya. Prestasi pertama diulang pada musim 1961-62. Selanjutnya dikoleksi lewat musim 1975-76, 1986-87, 2011-12, 2013-14, dan 2019-20.

APOLI JUARA COPPA ITALIA 2019-2020
Adu penalti antara Napoli dan Juve berlangsung, setelah kedua tim bermain imbang. Tanpa gol selama 90 menit laga berlangsung

Sementara kegagalan Juventus dalam musim ini merupakan ke-6 kalinya. Kekalahan pertama dirasakan dalam musim 1972-73, dikalahkan AC Milan. Selanjutnya gagal di musim 1991-92 oleh Parma. Terulang dikalahkan Parma pada musim 2001-02.

Kepahitan Juventus kembali terjadi pada musim 2003-04, ditaklukam Lazio. Sementara kekalahan atas Napoli, dirasakan dua kali. Yaitu pada musim 2011-12 dan terulang musim ini, 2019-20.

Adu penalti antara Napoli dan Juve berlangsung, setelah kedua tim bermain imbang. Tanpa gol selama 90 menit laga berlangsung.

Napoli dan Juventus sama-sama kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. Juventus lebih dominan. Namun hanya menghasilkan satu peluang emas di awal laga, ketika tendangan mendatar Cristiano Ronaldo berhasil dibendung kiper Napoli Alex Meret.

Sementara, Napoli justru menghasilkan peluang emas lebih banyak. Mulai dari tendangan bebas Lorenzo Insigne yang membentur tiang di menit ke-24. Juga, dua peluang di penghujung babak pertama. Lewat Diego Demme dan Insigne. Bola tendangan mereka berhasil ditepis oleh kiper Juve Buffon.

Setelah bermain imbang di babak pertama, kedua tim bermain lebih hati-hati di babak kedua. Napoli dan Juve sama-sama menitikberatkan fokus pada pertahanan.

Di menit ke-60, Fabian Ruiz melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun masih melebar di sisi kanan gawang. Empat menit kemudian, giliran Leonardo Bonucci mencoba tendangan jarak jauh. Namun bisa diamankan dengan baik oleh Alex Meret.

Pada menit ke-67, tendangan Matteo Politano bisa dibaca dengan baik oleh Buffon. Meret melakukan aksi serupa tiga menit kemudian, ketika meninju bola tendangan bebas Paulo Dybala.

Tekanan silih berganti dilakukan kedua tim. Pada menit ke-83, Insigne mendapat umpan bagus dari Matteo Politano. Namun tendangan Insigne jauh dari sasaran.

Di masa injury time, Buffon menggagalkan sundulan Nikola Maksimovic. Bola liar disambut oleh Eljif Elmas, tapi tendangan Elmas dari jarak dekat hanya membentur tiang.

Sedangkan di babak adu penalti, kesempatan pertama yang dilakukan Paulo Dybala berhasil ditepis dengan sempurna oleh Alex Meret. Lorenzo Insigne sukses mengecoh Gianluigi Buffon. Membuat Napoli unggul 1-0.

Di kesempatan kedua, tendangan Danilo melambung di atas gawang. Matteo Politano sukses melaksanakan tugasnya, meski Buffon sempat menyentuh bola. Napoli unggul 2-0.

Berlanjut ke penalti ketiga, Leonardo Bonucci sukses mencetak gol lewat tembakan keras. Yang dipantulkan oleh mistar gawang. Nikola Maksimovic sukses mengecoh Buffon lewat tendangan ke arah tengah. Napoli memimpin 3-1.

Pada kesempatan keempat, Aaron Ramsey berhasil menipu Alex Meret. Tendangan membuahkan dan gol. Arek Milik berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia mengecoh Buffon, sekaligus membuat Napoli menang 4-2 di adu penalti. (ima)

Napoli (4-3-3)

Alex Meret; Giovani Di Lorenzo, Nikola Maksimovic, Kalidou Koulibaly, Mario Rui (Elseid Hysaj 81); Fabian Ruiz (Allan 80), Diego Demme, Piotr Zielinski (Eljif Elmas 88); Jose Callejon (Matteo Politano 66), Dries Mertens (Arek Milik 67), Lorenzo insigne

Juventus (4-3-3)

Gianluigi Buffon; Juan Cuadrado (Aaron Ramsey 85), Leonardo Bonucci, Matthijs De Ligt, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic (Federico Bernardeschi 74), Blaise Matuidi; Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo; Douglas Costa (Danilo 66)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here