Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bongkah.id – Kementerian Keuangan menyiapkan tiga jurus guna mempercepat pemulihan ekonomi-sosial akibat pandemi COVID-19. Tiga kebijakan akselerasi itu segera direalisasikan.

Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan Mirza Adityaswara mengatakan, kebijakan akselerasi kebijakan pemulihan ekonomi yang pertama adalah intervensi kesehatan. Hal ini antara lain dilakukan melalui vaksinasi gratis, penyediaan fasilitas kesehatan, penguatan protokol kesehatan 5M dan 3T

ads

“Kedua, adalah survival dan recovery melalui perluasan program perlindungan sosial kepada kelompok miskin dan rentan, serta pemberian dukungan kepada dunia usaha,” kata Mirza dalam sesi webinar, Selasa (14/9/2021).

Mirza menambahkan, kebijakan ketiga yaitu reformasi struktural untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Menurut dia, saat ini reformasi struktural telah dimulai melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

Di samping itu, imbuhnya, pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM melalui reformasi perlindungan sosial, kesehatan dan pendidikan akan terus diperkuat. Langkah tersebut bertujuan meningkatkan produktivitas sumber daya Indonesia.

“Ketiga kelompok kebijakan ini merupakan game changer pemulihan ekonomi nasional. Akselerasi pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi tentu harus didukung kebijakan fiskal yang kredibel,” tandas Mirza. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini