Video suasana kampung di sebuah desa, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang sepi pasca kemunculan lampor yang diunggah akun Tiktok @bang_jo26.

Bongkah.id – Masyarakat di beberapa daerah di Jawa Timur tengah dihebohkan dengan isu munculnya pocong di atas keranda terbang atau lampor. Bahkan penampakan hantu tersebut membuat warga di sebuah desa, wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, ketakutan setiap malam.

Warga yang ketakutan tak berani keluar rumah membuat lingkungan desa tersebut menjadi sangat sunyi sehingga nuansa seram kian pekat. Sebelumnya, lampor keranda terbang dikabarkan sempat muncul di kawasan itu.

Peristiwa dan suasana pasca kejadian horor itu diceritakan seorang warga melalui unggan video di media sosial Tiktok. Dalam video itu disebutkan bahwa kemunculan lampor itu membuat para warga satu kampung tunggang langgang.

Dikutip dari akun TikTok milik @bang_jo26, tampak dari video tersebut suasana di kampungnya terlihat sepi tak berpenghuni. Namun tidak dijelaskan rinci di mana tepatnya keranda terbang itu muncul.

Video tersebut telah di tonton sebanyak 1.1M, mendapat like 31.6K, menuai 1.007 komentar dari warga tiktok, dan share 966 kali.  Beberapa tanggapan netizen pada video tersebut membuat ketakutan orang-orang karna kedatangan keranda terbang.

“Semua keranda di ikat aja, kalo masih ada yang terbang berarti milik dukun bayaran yang sengaja ingin meresahkan” ujar warga tiktok.

“Usahakan tidur dibawah lantai kalau ada lampor” tulis @akbar1234.

Video suasana desa yang sunyi di sebuah desa, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jatim, pasca kemunculan lampor diunggah akun @bang_jo26 di Tiktok:

@bang_jo26

semenjak keranda terbang bikin resah tiap desa” yg ngalamin, semoga di tempat kalian gk seperti didesa km #bikinresahwarga #kerandamayat #fypls

♬ original sound – putriariani – putriariani

Lampor adalah salah satu jenis setan yang dipercaya bisa membawa maut. Bagi orang jawa jaman dulu atau sesepuh, nama itu tak asing lagi untuk istilah hantu pocong yang terbaring di atas keranda terbang.

Menurut mitos lampor di tanah Jawa yang sangat kental. Meskipun masyarakat memiliki kepercayaan yang berbeda-beda.

Lampor disebut iblis dengan keranda terbang yang datang pada malam hari itu. Beberapa menyebut lampor sebagai setan yang berbentuk seperti bola arwah, terkadang juga muncul sebagai rombongan prajurit Jawa zaman dahulu.

Di daerah Jawa Timur, lampor dipercaya berwujud setan atau pocong yang bisa membunuh manusia dalam tidur.

Saat kemunculanya, lampor juga mengeluarkan suara nyaring. Dalam film Lampor: Keranda Terbang, suara berisik itu diceritakan berbunyi, “Welwo, welwo, welwo!”. Pekikan itu artinya dijawil lan digawa (dicolek dan dibawa pergi).

Anak-anak yang gemar bermain hingga lepas maghrib biasanya mendapat ancaman dari orang tua. Karena itu, di Jawa Tengah, sangat dilarang keluar rumah mulai menjelang Maghrib dikarenakan karena ada lampor.

Apabila ada warga yang keluar pada malam hari bisa saja hilang dibawa lampor dan tak bisa kembali. Kalau pun ada yang kembali, mereka akan kembali dalam keadaan linglung dan gila. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here