Presiden Joko Widodo ketika meninjau ruang isolasi di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Foto: Antara

Bongkah.id – Kenaikan jumlah kasus baru positif virus corona (Covid-19), Kamis (9/4/2020) menembus rekor yakni 337 yang terkonfirmasi. Hingga pukul 18.45 WIB, total kasus positif coronavirus di tanah air sebanyak 3.293 dengan rincian, 280 kematian dunia berbanding 252 orang yang sembuh, sisanya masih dalam perawatan.

Juru bicara nasional penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, data tersebut menunjukkan upaya pencegahan belum signifikan membendung laju penyebaran virus. Apalagi, tambahan jumlah pasien yang sembuh juga diikuti dengan peningkatan angka kematian sebanyak 40 kasus.

ads

“Hari ini ada 30 pasien sembuh, tapi kasus terkonfirmasi (positif) juga bertambah (337). Gambaran ini menyedihkan buat kita karena penyebaran terus berlangsung,” kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Yurianto menjelaskan tambahan pasien ini adalah refleksi kondisi pencegahan virus di tengah masyarakat pada pekan lalu. Mengingat rata-rata durasi waktu inkubasi corona mencapai 5 sampai 6 hari.

“Pembatasan sosial skala besar (PSSB) dan imbauan masif memakai masker, akan terlihat hasilnya minggu depan. Dari itu bisa dilihat juga tingkat kepatuhan,” ujarnya.

Namun pemerintah tak surut. Yurianto tetap menghimbau masyarakat agar sadar dengan bahaya wabah Covid-19 dan mematuhi himbauan pemerintah. Yakni dengan selalu memakai masker ketika berada di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan patuh atas imbauan pemerintah agar tidak bepergian saat ini.

“Di rumah, bukan (hanya) menjaga dari Covid-19 tapi juga untuk memberantas sarang nyamuk,” tandasnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini