PJ Bupati Jombang Sugiat memberikan keterangan terkait penanganan tanggul KAli Gunting di Mojoagung, Selasa (9/1/2024). Foto: Karimatul Maslahah

Bongkah.id – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas mulai menangani  tanggul di sepanjang Kali Gunting Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang kritis. Hal ini menyusul tuntutan masyarakat yang tinggal di sekitarnya karena semakin terancam dengan kondisi tanggul.

Penanganan pada tanggul Kali Gunting usai BBWS Brantas melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.

ads

“Alhamdulillah kita sudah dapat laporan kemarin tumpengan sekarang sudah mulai ditangani oleh BBWS,” ujar Pj Bupati Jombang Sugiat saat dimintai keterangan, Selasa (9/1/2024).

Sugiat menjelaskan, desakan warga kepada Pemkab Jombang yang berulang kali mengenai tanggul kritis Kali Gunting itu sempat membuat Dinas PUPR mengusulkan penanganan sendiri dari anggaran APBD Jombang kepada BBWS. Tentu saja, hal tersebut tidak disetujui lantaran tanggul Kali Gunting masuk dalam wilayah penanganan BBWS.

“Masyarakat pun banyak yang tidak tahu kalau itu bukan kewenangan Pemkab Jombang. Akan tetapi tetap kita berikan edukasi kepada masyarakat bahwa itu kewenangan BBWS,” jelas dia.

Baca: Warga Bantaran Sungai Kali Gunting Jombang Tagih Janji Pemkab Perbaiki Tanggul

Pihaknya pun menindaklanjuti adanya keluhan warga. Ia sempat mengirimkan surat kepada BBWS untuk koordinasi terkait penanganan tanggul kritis Kali Gunting.

“Sebelumnya, sudah kami koordinasikan dengan mengirimkan surat Alhamdulillah langsung dikerjakan,” tutup Sugiat.

Diberitakan sebelumnya, perbaikan tanggul kritis Kali Gunting dilakukan lelang, kemudian dilakukan proses tender oleh BBWS. Dan hari ini pelaksana untuk menangani tanggul kritis.

Sementara itu, kondisi sejumlah warga di Dusun/Desa Betek Kecamatan Mojoagung semakin terancam. Keresahan warga yang selama ini menghantui akhirnya terbebaskan. bayang-bayang rumah hanyut menjelang datangnya musim hujanpun kini tak mengkhawatirkan lagi. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini