Sukarnoto memberi makan cacing yang dia kembangbiakkan di rumahnya, Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Sabtu (7/10/2023).

Bongkah.id – Cacing, hewan yang cenderung diabaikan banyak orang ternyata bisa mendatangkan pundi uang bagi Sukarnoto (34), warga Jombang, Jawa Timur. Dia berhasil mennggeluti usaha budidaya satwa berbentuk pipih panjang itu hingga mampu menghasilkan omset bulanan yang lumayan.

Saat ditemui di rumahnya, Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Sukartono sedang memberikan makan cacingnya yang di budidaya dihalaman rumah. Terdapat tumpukan kotak berukuran 2 x 1 meter berjejer rapi yang sudah terisi cacing dan tanah yang siap untuk diberikan makan.

ads

Sembari memberi makan cacing, Karnoto bercerita, cara dia memberikan makan cacing cukup mudah, yakni dengan cara menggali tanah yang ada di kotak tersebut kemudian diberi limbah tebu.

“Ya ini cara memberi makan cacing,” terang Karnoto, Sabtu (7/10/2023).

Karnoto menjelaskan, dalam berbudidaya cacing jenis ANC Afrika ini hanya bermodal memanfaatkan kotak kayu untuk tempat budidaya cacing yang memiliki ukuran dua kali lebih besar dari cacing tanah biasanya.

“Saya mulai membudidaya cacing ANC dari Afrika ini sejak 2017. Dari awalnya lima box, kini menjadi puluhan box,” jelas dia.

Karnoto mengatakan, hingga saat ini, ia masih terus melakukan budidaya cacing ini karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Selain itu, harga jual hewan cacing ANC Afrika cukup menjanjikan.

“Cuma diberi makan setiap pagi dan sore saja. Tempatnya juga tidak membutuhkan lahan yang luas,” bebernya.

Karnoto menambahkan untuk mendapatkan pakannya juga cukup mudah. Karena cacing hanya memakan kotoran sapi yang diperoleh dari peternak yang berada di sekitar rumahnya.

“Kalau ampas tebunya saya beli dari Gedeg Mojokerto,” ucap Karnoto.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini