Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri Yayat Candarajat, memberikan cindera mata kepada Ketua MUI Kota Kediri, KH. Abdullah Kafafi saat pembukaan Semarak Ekonomi Syariah wilayah Mataraman di Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (29/8/2024)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri Yayat Candarajat, memberikan cindera mata kepada Ketua MUI Kota Kediri, KH. Abdullah Kafafi saat pembukaan Semarak Ekonomi Syariah wilayah Mataraman di Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (29/8/2024)

Bongkah.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menggelar Semarak Ekonomi Syariah Wilayah Mataraman (SYIAR) 2024 di Aula Al Muktamar Ponpes Lirboyo.

Kegiatan menjelang Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2024 di Ponpes Lirboyo Kediri itu akan berlangsung selama dua hari mulai 29-30 Agustus 2024.

ads

Diketahui, SYIAR merupakan satu rangkaian kegiatan menuju FESyar Regional Jawa dan Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF), sebuah event ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Yayat Cadarajat menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Semarak Ekonomi Syariah Wilayah Mataraman (SYIAR) 2024 untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya di wilayah Mataraman.

Menurutnya ekonomi keuangan syariah di Wilayah Mataraman (eks karesidenan Kediri-Madiun) saat ini terus mengalami peningkatan didukung oleh banyaknya pelaku usaha halal, wisata religi, dan pusat pendidikan seperti pondok pesantren dan madrasah.

Peningkatan ini, kata Yayat, tidak terlepas dari upaya strategis berbagai pihak dalam memperkuat ekosistem halal melalui langkah konkrit seperti percepatan sertifikasi halal bagi UMKM, sertifikasi rumah potong hewan halal, juru sembelih halal hingga inisiasi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS).

“Kegiatan SYIAR 2024 merupakan hasil kolaborasi dan sinergi dengan berbagai stakeholder di wilayah kerja Bank Indonesia Kediri untuk mengakselerasi mewujudkan ekosistem halal Kota Kediri,” jelasnya.

Sebelumnya, telah dilakukan beberapa program sinergi diantaranya Juru Sembelih Halal (Juleha), Sertifikasi Halal UMKM dan Pelaku Usaha Komoditas Pangan Halal Strategis, hingga launching zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) kategori pusat perbelanjaan pertama di Indonesia di foodcourt Kediri Town Square yang telah ditetapkan 23 Agustus 2024.

Dijelaskan, kedepan komitmen mewujudkan ekosistem halal Kota Kediri diwujudkan melalui Kick off Menuju Pusat Kulliner Halal Jl Dhoho & Pusat Bahan Baku Halal Pasar Banjaran sebagai upaya memperluas dan memperkuat Halal Value Chain di Kota Kediri.

Plh Kepala Perwakilan BI Jatim M Noor Nugroho memberikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri yang bersama dengan Ponpes Lirboyo dan stakeholders lainnya telah menyelenggarakan kegiatan SYIAR 2024.

“Ini merupakan wadah integrasi berbagai kegiatan sektor ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Kediri dan kegiatan ini merupakan bagian dari Road To Fesyar wilayah Jawa yang akan diselenggarakan 13-15 September 2024 di Surabaya. Acara puncaknya ada Islamic Syariah Ekonomic Festival pada Oktober 2024 di Jakarta,” jelasnya.

Dalam upaya mendorong perekonomian daerah, pada SYIAR 2024 juga dilakukan Business Matching dengan total nilai Rp2,1 miliar yang terdiri Rp664 juta business matcing ekspor Rp1,2 miliar business matcing lokal, dan Rp250 juta business matching pembiayaan serta berbagai kegiatan lainnya. (wan/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini