Fatkurohman saat memetik jambu di kebunnya, areal persdawahan Desa Bareng/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (26/7/2023).

Bongkah.id – Di bawah sinar terik matahari, ratusan pohon jambu kristal dan jambu merah tumbuh subur di areal persawahan Desa Bareng/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tampak sosok pria paruh baya membungkus bakal buah dengan plastik yang ranum menggelantung di ranting-ranting pohon.

Fatkurohman (42), pembudidaya jambu kristal dan jambu merah di Desa Bareng itu juga tampak sibuk memangkas ranting juga dedaunan di pohon yang rimbun. Sekali waktu, dia juga memangkasi daun dan ranting untuk meremajakan pohon agar menghasilkan buah yang bagus.

ads

”Saya sudah fokus membudidayakan jambu merah dan jambu kristal 4 tahun ini. Awalnya budi daya pisang cavendish namun merugi karena banyak yang mati,’’ ujarnya saat ditemui di kebunnya, Rabu (26/7/2023).

Fatkur, sapaan akrabnya, mengungkapkan, perawatan jambu merah dan kristal sendiri cukup mudah. Pemilik cukup menyirami dengan air dan memberi pupuk secara rutin, kemudian meremajakan pohon jika bakal buah mulai muncul.

”Bakal buah juga harus dibungkus dengan plastik untuk melindungi dari serangan lalat buah,’’ terangnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini