ILUSTRASI. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa diagendakan melantik 17 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Genung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga diselenggarakan dalam tiga sesi pelantinkan.

bongkah.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diagendakan melantik 17 kepala daerah terpilih dalam Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur pada hari Jumat (28/2/2021). Pelantikan rencananya digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Sementara pelantikan pasangan kepala daerah Tuban dan Pacitan menunggu masa jabatan pendahulunya habit. Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tuban habis pada 20 Juni 2021. adapaun Bupatai dan Wakil Bupati Pacitan masa jabatannya berakhir pada 4 April 2021. Karena itu, agenda pelantikan kepala daerah pengganti di dua kabupaten itu tengah digodok kepastian waktunya.

Prosesi pelatikan tersebut, menurut Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Jempin Marbun, diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. Karena itu, jumlah yang ada dalam ruang pelantikan dibatasi. Hanya 25 orang saja.

Karena itu, pelantikan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama pukul 09.00 WIB diikuti 6 pasang kepala daerah, sesi kedua pukul 13.00 WIB untuk 6 pasang kepala daerah, sedangkan sesi terakhir pukul 16.00 WIB diikuti 5 pasang kepala daerah.

“Selain kepala daerah dan wakilnya, tamu yang diizinkan hadir dalam ruang pelantikan hanyalah suami atau istri masing-masing,” kata Jempin dalam keterangan resmi yang dibangin, Rabu (24/2/2021) malam.

Sementara rombongan dan staf pribadi kepala daerah, dikatakan, diberi kesempatan menyaksikan prosesi pelantikan itu secara virtual atau daring di masing-masing daerah. Sebelumnya sempat muncul opsi pelantikan dilakukan secara virtual, namun karena prosesi pelantikan dianggap momen sakral, akhirnya diputuskan dilantik secara langsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Para kepala daerah itu akan dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.

Sedangkan 17 pasangan kepala daerah yang bakal dilantik itu, adalah pasangan kepala daerah di Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Sidoarjo, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here