Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito.

Bongkah.id – Kelangkaan LPG 3 kg di sejumlah daerah membuat Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana siaga. Pihaknya akan menyurati Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) guna memastikan pasokan bahan bakar gas itu bisa ditambah untuk daerahnya.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, mengatakan pihaknya telah mencermati dan memantau stok LPG 3 kg di lapangan. Hasilnya, dia memastikan, sampai saat ini tidak terjadi kelangkaan bahan bakar dalam tabung tersebut di Bumi Panjalu.

ads

Meski demikian, stok elpiji ukuran 3 kg terus menipis akibat permintaan masyarakat yang melonjak drastis (panic buying). Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan, Mas Dhito berencana mengirim surat pada Dirjen Migas agar kuota suplai tabung melon untuk Kabupaten Kediri bisa ditambah.

“Maka langkah stategis yang dilakukan, maka kita akan bersurat kepada dirjen terkait,” jelas Mas Dhito, Jumat (23/6/2023).

Dari laporan yang diterimanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut menegaskan bahwa kuota yang diberikan oleh Pertamina tidak mengalami pengurangan.

“Supllai (LPG 3 kilogram) dari pertamina tetap sesuai kuota yang ada,kelangkaan atau berkurangnya LPG di Kabupaten Kediri itu tidak terjadi,” tegasnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Kediri, Santoso menjelaskan banyaknya permintaan LPG ini salah satunya disebabkan karena penggunaan LPG pada bidang pertanian.

Menurutnya, banyak petani di Kabupaten Kediri yang membutahkan LPG untuk alat pertaniannya. Sehingga permintaan mengalami peningkatan.

Dari data tersebut, lanjutnya, akan diakumulasi dengan data-data pengguna LPG yang didapat dari OPD lain. Dengan data-data tersebut dapat diketahui seberapa besar kuota tambahan yang akan dimintakan kepada Dirjen Migas.

“Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, terkait pendataan petani sasaran (pengguna LPG 3 kilogram),” ungkapnya. (ani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini