Dinas Peternakan Jombang melakukan proses vaksinasi LSD. Selasa (23/5/2023).
Dinas Peternakan Jombang melakukan proses vaksinasi LSD. Selasa (23/5/2023).

Bongkah.id – Dinas Peternakan Kabupaten Jombang memberikan vaksinansi ribuan sapi di Jombang untuk mencegah serangan penyakit lato-lato atau virus Lumpy Skin Disease (LSD) dan PMK mengingat hari raya idul adha semakin mendekat.

Aziz Daryanto Kepala bidang kesehatan hewan Dinas peternakan Kabupaten Jombang mengatakan, sebanyak 1000 dosis yang dialokasikan oleh pemerintah provinsi untuk menindaklanjuti pencegahan adanya virus yang menyerang hewan sapi.

ads

“Alokasi vaksin kita dapat 1000 dosis untuk 1000 ekor sapi potong, dan Alhamdulillah progres pelaksanaan segera selesai,” jelasnya. Selasa (23/5/2023).

Dijelaskan Aziz, sasaran vaksinasi hewan sapi yakni paling banyak sapi berjenis kelamin jantan yang kebanyakan menjadi calon korban pada hari raya idul adha mendatang.

“Semua kita sasar di Kabupaten Jombang, baik milik warga, milik peternak maupun pedagang,” bebernya.

Sementara itu, pedagang sapi di Jombang Dika Pranata (32) menjelaskan, banyak sapi miliknya yang baru saja datang dari daerah lain.

“Ada yang baru datang satu Minggu kemarin dari Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Madura,” ungkapnya.

Meski banyak sapi yang datang dari daerah lain, Dika mengaku selalu mengecek kesehatan sapi untuk menjaga kualitas dagangannya.

Penjagaan kesehatan kita ikutkan vaksin baik PMK maupun LSD, kalaupun sapi tersebut sakit maka kita langsung menghubungi pihak dinas terkait,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini