Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama pemateri dan peserta pelatihan UMKM yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Senin (21/3/2022).

Bongkah.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan diadakannya pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pelatihan ini untuk meningkatkan skill pengusaha UMKM dalam upaya mengembangkan usahanya.

Pelatihan dilaksanakan dua hari di hotel Ayola, Kota Mojokerto selama dua hari, Senin dan Selasa, (21-22/3/2022). Acara dihadiri
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdullah Muktar dan Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdilah.

ads

Diskominfo Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya. Adapun peserta, sebanyak 100 peserta meliputi 50 orang dari UMKM dan 50 peserta dari dari Ibu Rumah Tangga yang berencana memulai wirausaha.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, pihaknya bersyukur ada program dari kementerian Kominfo yang dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto, menurutnya, DEA pengelolaan keuangan digital ini, bisa meningkatkan skill para UMKM dalam hal penguasaan di dunia digital, sehingga bisa berpengaruh terhadap peningkatan usahanya.

“Mau tidak mau memang sekarang ini pasar digital merupakan salah satu peluang besar yang harus segera kita tangkap yakni merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, termasuk juga menyesuaikan dengan perubahan pasar yang juga semakin marak penggunaan dari pasar digitalnya,” ungkapnya.

Untuk menangkap peluang dalam meningkatan kapasitas dan keterampilan penguasaan digital dibidang usaha, Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini akan bekerjasama dan membuat MOU dengan Kementerian Kominfo.

“Kita akan tangkap itu, kita akan luaskan, tidak hanya pada usaha mikro kecil, tetapi juga dibidang-bidang lain, termasuk di bidang pemerintahan, juga di tenaga kerja yang baru, memang semuanya harus kita update skillnya terkait dengan penguasaan teknologi informasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Eka Handayani menyampaikan, Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

“Dalam program pelatihan ini BPSDMP Kominfo Surabaya sudah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia,” jelasnya.

Untuk Skema program pelatihan ini, Lanjut Eka, pihaknya akan menyesuaikan dengan kebutuhan kabupaten Mojokerto, yakni yang dibutuhkan kali ini adalah pelatihan DEA atau digital kewirausahaan,” terangnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini