Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti saat menjadi pembicara dalam sebuah perkuliahan umum di Universitas MUhammadiyah Sorong, Papua.

Bongkah.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompeten dan berintegritas merupakan modal dasar untuk kelangsungan birokrasi pemerintahan yang maju nan bersih. Oleh karena itu, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) diharapkan mampu mencetak praja calon pegawai negeri sipil yang berkualitas.

Demikian arahan Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti saat menjadi pembicara dalam kegiatan kuliah umum daring di Kampus IPDN, Selasa (20/4/2021). Perkuliahan ini dihadiri Rektor IPDN Hadi Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal A Paliwang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan sejumlah kepala daerah lain.

“Saat lulus nanti, Praja IPDN akan menjadi ASN berkarier di pemerintahan. Kegiatan ini menjadi best practices pemerintahan yang dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi praja,” tutur LaNyalla, Selasa (20/4/2021).

Menurut La Nyalla, sebagai abdi negara ke depan, Praja IPDN akrab dengan birokrasi pemerintahan. Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jatim ini menambahkan, para calon abdi negara ini akan menjadi motor penggerak yang dinamis dalam membangun daerah.

“Keberadaan dan kerja mereka harus sesuai dengan misi kepala daerah dan pembangunan nasional,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPD RI Minta BUMN Hitung Serius Rencana Pembelian Ternak Sapi di Belgia

Mantan Ketua Umum PSSI ini menilai, perkuliahan umum bersama kepala daerah seperti ini menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi praja IPDN. Sebab setelah lulus, imbuhnya, para praja yang mengabdi di pemerintahan akan langsung bersentuhan dengan visi-misi serta kebijakan kepala daerah dan pemerintah pusat.

“Oleh karena itu, kuliah umum dengan melibatkan kepala daerah adalah langkah tepat. Praja IPDN bisa memahami bagaimana para kepala daerah membuat kebijakan yang inovatif untuk percepatan pemulihan ekonomi,” urai Senator asal Jawa Timur ini. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here