Anang Rudlo Udi Utomo saat memetik buah anggur yang dibudidayakan dipekaran rumahnya, Dusun Banjaragung, Desa Banjardoro, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023).

Bongkah.id Suasana segar sangat terasa ketika bertandang ke rumah Anang Rudlo Udi Utomo di Dusun Banjaragung, Desa Banjardoro, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Beragam jenis pohon anggur yang tertanam di pekarangan sangat menyegarkan udara dan pandangan mata.

Rumah Anang Rudlo tampak sederhana dan teduh. Mengenakan kaus abu-abu dan celana pendek, Tomo, sapaan akrabnya, memetik dedaunan pohon anggurnya.

ads

Sekilas memang tak tak terlihat pohon anggur yang ia tanam di sekeliling rumahnya. Karena fokus pembibitan pohon anggur.

Tomo fokus budidaya pohon anggur sejak awal pandemi Covid-19 tepatnya tahun 2020. Tertarik dengan pohon anggur karena hobi menanam.

Karena, tidak bisa bekerja lagi karena pandemi. Akhirnya ia memilih untuk budidaya bibit anggur.

Ketika terjun, Tomo terasa takjub. Ternyata, baru tahu bahwa cukup banyak varietas pohon anggur. Bentuk, rasa, warna buah anggur juga beragam.

Bukan hanya berbentuk bulat dan hijau atau merah. Tetapi, juga ada berbentuk lonjong dengan warna-warna lain seperti hitam.

Tentu, ada keseruan tersendiri ketika budidaya pohon anggur. Tomo merasa di wilayah Jombang, pohon anggur masih dianggap asing untuk ditanam. Padahal, kabupaten tetangga sudah gencar budidaya pohon anggur.

Tak sedikit orang berpikiran bahwa pohon anggur itu pohon cocok di dataran tinggi. Padahal, pohon anggur sangat membutuhkan sinar matahari. Justru ketika musim hujan, pohon anggur rentan diserang jamur.

“Banyak yang bilang kalau pohon anggur bisa tumbuh di Jombang, tapi tidak bisa berbuah. Padahal, nyatanya bisa. Karena banyak orang kurang mempelajari karakteristik pohon anggur,” jelas Tomo, Rabu (18/10/2023).

Hingga sekarang, Tomo masih terus belajar budidaya pohon anggur. Kali pertama menanam varietas anggur Transfigurasi.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini