Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyapa warga yang berjajar di sepanjang jalan akses menuju Situs Kumitir, peninggalan era Kerajaan Majapahit, yang dibangun menggunakan pabing dengan desain 3D.

IM.com  – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan jalan akses menuju Situs Kumitir peninggalan era Kerajaam Majapahit di Kecamatan Jatirejo, Minggu (19/3/2023). Menariknya, jalan tersebut menggunakan paving dengan desain tiga dimensi (3D) tematik.

Pembangunan jalan paving 3D tematik mendapat pujian dari Bupati Ikfina Fahmawati karena hanya memakan waktu sekitar 2 bulan. Kendati menurutnya, Pemerintah Desa Kumitir dalam pengajuan anggarannya dulu, berencana menggunakan material beton.

ads

“Namun karena ada pertimbangan lain, kami khawatir jika dibeton, di bawah tanah Desa Kumitir ini masih ada situs-situs peninggalan yang lain. Pengerjaan selama dua bulan ini menunjukkan bahwa Desa Kumitir serius melaksanakan amanah pembangunan,” katanya di Desa kumitir, Minggu (19/3/2023).

Bupati Ikfina berpesan, mengingat jalan ini adalah jalan paving 3D tematik yang membutuhkan perawatan. Hal itu agar masyarakat juga turut menjaga dan merawat jalan tersebut.

“Ini jalan untuk bersama, selain berfungsi hanya untuk jalan, ini bisa menjadi fungsi kegiatan meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, madi dijaga, dirawat bersama,” pesannya.

Ikfina menyampaikan, dengan ditemukannya Situs Kumitir ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kumitir.

“Warga Desa Kumitir harus bersyukur, di desa ini ada Situs Kumitir dan mungkin juga ada situs-situs yang lain. Saya ingin warga Desa Kumitir mendapatkan kesejahteraan nantinya untuk kebangkitan ekonomi warga Desa Kumitir dengan memanfaatkan adanya situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini,” harapnya.

Tak lupa, Bupati Ikfina pun meminta agar Pemerintah Desa Kumitir dan seluruh masyarakat bisa bekerjasama dalam membangun desa. Terutama menciptakan salah satu wisata edukasi mengingat terdapat situs peninggalan bersejarah di Desa Kumitir.

“Kultur budaya Majapahit harus melekat pada masyarakat Desa Kumitir. Saya berharap seluruh warga Desa Kumitir tidak patah semangat untuk membangun desa. Ini baru awal, mari kita semangat untuk bersama-sama membangun desa dan maju bersama,” pungkasnya.

Kehadiran Bupati Mojokerto dalam agenda Ruwah Desa Kumitir sekaligus peresmian jalan paving 3D tematik ini disambut hangat masyarakat Desa Kumitir. Bupati Ikfina didampingi Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekdakab Mojokerto serta Forkopimca Jatirejo juga tampak menikmati pagelaran seni budaya yang ditampilkan dalam agenda tersebut. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini