Serah terima jabatan Kapolres beserta Pejabat Utama di Jajaran Polda Jatim, dipimpin langsung Irjen Pol Nico Afinta, Kapolda Jawa Timur pada Kamis (17/6/2021). (dok. Humas Polda Jatim)

bongkah.id – Tingginya angka pertumbuhan kasus Covid-19 di Jawa Timur disinggung Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, dalam prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres baru di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (17/6/2021). Semua Kapolres yang baru dilantik untuk fokus mengangani kasus Covid-19 di wilayah dinasnya.

“Apalagi saat ini ada varian baru B-16172 dari India, maka pejabat yang baru betul-betul melaksanakan program pemerintah terkait penanganan COVID-19,” kata Irjen Nico.

ads

Selain itu, alumni Akpol 1992 itu menegaskan, para Kapolres di jajaran Polda Jatim diwajibkan melaksanakan semua instruksi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo secara tegas. Khususnya yang terkait dengan kepentingan dan keamanan masyarakat. Misalnya pemberantasan premanisme, pemberantasan peredaran narkoba, pendirian Kampung Tangguh Narkoba, dan ketegasan dalam penegakan hukum terhadap siapa pun yang melakukan pelanggaran hukum.

Nico juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pejabat lama yang telah bertugas dengan sangat baik. Mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polda Jatim, untuk pejabat baru.

Sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres jajaran yang dilantik adalah Kombes Pol Mohamad Aris yang sebelumnya menjabat Auditor V Itwasum Polri. Aris menjabat Irwasda Polda Jatim. Menggantikan Kombes Pol Sungkono yang dimutasi sebagai Auditor Kepolisian Madya TK I Itwasum Polri; AKBP Adewira Negara Siregar yang sebelumnya menjabat Kasubbaglekdikbangum Bagledik Rodalpers SSDM Polri. Ia kini menjabat Kabid TIK Polda Jatim. Menggantikan Kombes Pol Puji Riyanto yang dimutasi sebagai Pamen Polda Jatim (dalam rangka pensiun).

Jabatan Kapolresta Sidoarjo diserahterimakan dari Kombes Pol Sumardji pada AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, yang sebelumnya menjabat Wakapolresta Banyuwangi. Selanjutnya Sumardji akan menjabat sebagai Dirlantas Polda Bengkulu.

Jabatan yang ditinggalkan Kusumo Wahyu digantikan AKBP Didik Hariyanto. Sebelum menjabat Wakapolresta Banyuwangi, Didik adalah Kapolres Bangkalan. Posisi yang ditinggalkan Didik diisi oleh AKBP Alith Alarino yang sebelumnya Pamen Bareskrim Polri (penugasan PD PPATK).

Sedangkan Kombes Pol Arman Asmara dari posisi Kapolresta Banyuwangi dipromosikan sebagai Kabag Produk Kreatif Romulmed Divhumas Polri. Posisi yang ditinggalkan diisi AKBP Nasrun Pasaribu yang sebelumnya Wadirreskrimum Polda Jatim. Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata dari jabatan Kapolresta Malang dipromosikan sebagai Pemeriksa Utama Puslabfor Bareskrim Polri. Posisinya diisi oleh AKBP Budi Hermanto.

Pejabat Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono dipromosikan sebagai Kasubbaglekdikbangum Bagledik Rodalpers SSDM Polri. Jabatan yang ditinggalkan Ruruh diisi AKBP Darman yang sebelumnya Kapolres Sumenep. Untuk jabatan Kapolres Sumenep diisi AKBP Rahman Wijaya, yang sebelumnya Kasubdit III/Tipid Korupsi Ditreskrimsus Polda Jatim.

Jabatan Wakapolres Metro Bekasi Polda Metro Jaya dipercayakan pada AKBP Deddy Supriadi, yang sebelumnya Kapolres Mojokerto Kota. Posisi yang ditinggalkan Deddy ditempati AKBP Rofiq Ripto Himawan, yang sebelumnya Kapolres Pasuruan. Jabatan Kapolres Pasuruan kini ditempati oleh AKBP Erick Frendriz yang sebelumnya Kapolres Bondowoso. Jabatan Kapolres Bondowoso dipercayakan pada AKBP Herman Priyanto yang sebelumnya Kasatsabhara Polrestabes Surabaya.

Sementara jabatan Kapolres Probolinggo yang ditinggalkan AKBP Ferdy Irawan untuk promosi sebagai Wakapolresta Bogor, diisi AKBP Teuku Arsya yang sebelumnya Kasatreskrim Polres Metro Jakpus Polda Metro. Jabatan Kapolres Trenggalek kini diisi oleh AKBP Dwiasi Wiyatputra, sebelumnya Kasubdit II Ditreskrimum Polda Metro Jaya, sementara pejabat lama AKBP Doni Satria dipromosikan sebagai Kasubbagopsnal Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Pejabat lama Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo dimutasi sebagai Kapolres Klaten Polda Jateng. Posisi Eko digantikan AKBP Wahyudi yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Jatim. Polres Malang mendapat komandan baru, AKBP R. Sagoes Wibisono Handoyo yang sebelumnya menjabat Kapolres Madiun. Kondisi sama juga terjadi di Polres Madiun. Komandan baru yang datang adalah AKBP Yuri Leonard Siahaan, yang sebelumnya Kapolres Grobokan Polda Jateng.

Sedangkan jabatan Wakapolresta Malang ditinggalkan AKBP Totok Mulyanto, dipercayakan pada AKBP Deny Heryanto yang sebelumnya Wakapolresta Surakarta Polda Jateng. Totok mendapat promosi untuk menjabat Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Jatim. Untuk jabatan Wadansatbrimob Polda Jatim diamanakan pada AKBP Kurniawan Tandi Ronge, yang sebelumnya Kapolres Rembang Polda Jateng. (bid-02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini