Dua kendaraan ringsek di bagian depannya setelah terlibat tabrakan beruntun tujuh kendaraan di Tabrakan beruntun melibatkan tujuh kendaraan terjadi di Jalan Raya Surabaya-Mojokerto, tepatnya di depan SPBU Sumber Kencono, Desa Sidorejo Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021).

Bongkah.id – Tabrakan beruntun melibatkan tujuh kendaraan terjadi di Jalan Raya Surabaya-Mojokerto, tepatnya di depan SPBU Sumber Kencono, Desa Sidorejo Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021). Kecelakaan tersebut dipicu dump truk bermuatan batubara yang diduga mengalami rem blong hingga menabrak lima kendaraan di depannya.

Meski tidak ada korban jiwa, kecelakaan beruntun ini menyebabkan arus lalu lintas Jalur Surabaya-Mojokerto lumpuh sekitar 1 jam.

Tujuh kendaraan yang terlibat kendaraan yakni dump truk tronton Nissan bernopol S 8113 UU disopiri Arif Abdul Wasis Suroso (48), warga asal Kayenkidul, Kediri. Kemudian Toyota Terios bernopol W 1787 ZE dikemudikan Sulastono (59), warga Bakungtemenggunan, Balongbendo, Sidoarjo. Lalu Honda Jazz bernopol AG 1397 YO yang dikemudikan Muhammad Ibram Ilhamsyah (19), asal Jambangan, Surabaya.

Selanjutnya Mitsubishi Canter bernopol L 9811 UH dikemudikan Muhajir (55), warga Suwaluh, Balongbendo, Sidoarjo. Truk Isuzu boks dengan nomor polisi AG 9437 AJ yang disopiri Eka Ridwanto (46), asal Burengan, Kota Kediri, disusul pikap boks Isuzu Panther nopol L 9104 NN dikemudikan Ahmad Zainuddin (44), warga asal Rembang, Jawa Tengah, dan bus mini yang langsung kabur usai kecelakaan sehingga tidak diketahui nopolnya.

Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistyono menjelaskan, kecelakaan beruntun ini bermula ketika sebuah truk trailer yang tidak dikenal nopolnya melaju dari arah timur ke barat. Truk tersebut kemudian berpindah ke jalur kanan dengan melaju pelan karena hendak putar balik arah ke Surabaya.

“Disusul di belakangnya ada kendaraan bus kecil yang tidak dikenal nopolnya, lalu pikap boks Isuzu Panther, truk Isuzu, truk Mitsubishi Canter, Honda Jazz dan Toyota Terios,” ujar Sugeng.

Mendadak, sebuah dump truk melaju cukup kencang dari arah belakang tidak mengurangi kecepatannya. Tak pelak, truk tersebut menabrak kendaraan di depannya dan terus melaju sampai empat kendaran lain, termasuk truk trailer yang hendak putar balik ikut terseruduk.

“Dump truk diduga rem blong dump sehingga langsung menabrak lima kendaraan di depannya hingga rusak berat. Tidak ada korban, tapi beberapa mobil yang terlibat mengalami rusak ringan hingga berat,” tutur Sugeng.

Kanit Laka Polsek Krian Ipda Indra menyebutkan, dari tujuh kendaraan yang terlibat kecelakaan, kerusakan paling parah dialami pada mobil sedan. Kondisinya, seluruh body mobil ringsek.

“Untungnya pengemudi sedan hanya mengalami luka ringan di bagian tangannya,” kata Ipda Indra.

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, Kanitlaka Polsek Krian Ipda Indra, saat ini seluruh bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan di Pos Polisi Krian-Sidoarjo. Sementara seluruh pengemudi dimintai keterangan di Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo.

“Kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah dievakuasi. Selanjutnya, petugas melakukan olah TKP dan memintai keterangan beberapa saksi untuk memastikan penyebab kecelakaan,” imbuhnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here