Karyawan sedang membuat bibit jamur tiram di tempat usaha milik Abdul Rosyad di Desa/Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023).
  1. Serbuk gergaji

Membuat adonan baglog dengan menggunakan serbuk gergaji sebanyak 100 Kg terlebih dahulu. Sebaiknya pilih serbuk gergaji yang memiliki sedikit getah dan terkena oli atau minyak, serta mudah hancur.

Sebab, serbuk gergaji sangat mempengaruhi kualitas baglog. Hal ini supaya miselium jamur tiram bisa merambat dengan cepat.

ads
  1. Tepung Jagung.

Siapkan tepung jagung 2 Kg saja untuk bahan campuran serbuk kergaji 100 kg. Tepung Jagung berguna untuk substrat dan penghasil kalori untuk jamur tiram.

  1. Menyiapkan Bekatul

Untuk 100 Kg serbuk gergaji dan 2 Kg tepung jagung maka bekatul yang harus disajikan hanya membutuhkan sekitar 20 Kg saja.

  1. Kapur Bangunan

Kapur bangunan yang dibutuhkan adalah 2 Kg untuk campuran 100 Kg serbuk gergaji, 2 Kg tepung jagung dan 20 Kg bekatul. Fungsi kapur bangunan ini digunakan untuk proses fermentasi yang terjadi di dalam baglog.

  1. Air

Jika bahan-bahan nomor 1-4 sudah dicampur dengan rata maka berikan air secukupnya pada adonan. Biasanya, air hanya dibutuhkan kurang lebih 70 persen dari takaran yang telah disebutkan diatas.

Pastikan pemberian air pada adonan itu cukup, sebab jika kurang maka akan menyebabkan susah terjadi perekatan. Sedangkan jika terlalu banyak, adonan bisa menjadi terlalu lembek.

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka langkah selanjutnya ialah proses pembuatan baglog.

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini