KEGIATAN donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Jalasenastri tahun 2020 di Gedung R Moeljadi, Kodiklatal, Surabaya, Rabu (5/8/2020). (Bagpen Kodiklatal)

bongkah.id – Sekitar 2.020 kantong darah (blood bag) berhasil dikumpulkan Pengurus Gabungan Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Rabu (5/8/2020). Total kantong darah itu dikumpulkan dalam bhakti sosial donor darah, yang digelar di delapan tempat berbeda. Juga, dalam waktu yang bersamaan.

“Penyelenggaraan bhakti sosial donor darah tersebut, untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Jalasenastri tahun 2020. Sekaligus mendukung pengadaan kebutuhan stok darah di PMI pada masa pandemi virus corona saat ini,” kata Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat didampingi Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Nurhidayat di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Dalam keterangan tertulis Bagian Penerangan Kodiklatal, kegiatan bhakti sosial ini merupakan hasil kerja sama Kodiklatal dengan sejumlah kantor cabang PMI, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Jombang, Gresik, Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten/Kota Pasuruan, dan Lamongan.

Donor darah yang diikuti oleh seluruh prajurit, PNS dan Jalasenastri Kodiklatal itu dilaksanakan di delapan tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan. Yaitu di Gedung Moeljadi, Gedung Martadinata, Gedung E.H Thomas Kesatrian Bumimoro, Gedung Balai Prajurit Kodikmar Gunung Sari, dan lima tempat lainnya di komplek Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo.

Menurut Ny. Titi Nurhidayat, kegiatan donor darah ini bertujuan membantu masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan darah. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian sosial dari prajurit Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa pandemi virus corona saat ini.

Sedangkan untuk menghindari penyebaran virus corona dalam pelaksanaan donor darah ini, panitia mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta. Kewajiban menggunakan masker. Juga, menjaga jarak antarpererta donor darah. Selain itu, calon peserta donor darah sebelum masuk ruangan, diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Sementara petugas PMI melakukan pelayanan donor darah, dengan menggunakan alat pelindung diri secara lengkap. (rim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here