Hasil survei Parameter Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas PDIP ada di urutan pertama dengan 22,1%, disusul Partai Gerindra 11,9% dan Golkar 10,8%.

Bongkah.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur memasang target menang untuk ketiga kalinya (hatttrick) pada Pemilu 2024 nanti. Bidikan ini relevan dengan hasil survei Parameter Politik Indonesia yang menunjukkan elektabilitas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu di posisi teratas dengan 22,1%.

Hasil Survei Nasional Parameter Politik Indonesia menetapkan rangking parpol yang berada di tiga besar parpol pada Pemilu 2019 lalu tidak berubah. Menyusul di bawah PDIP yakni Partai Gerindra sebesar 11,9% dan Partai Golkar posisi ketiga 10,8%.

ads

“Faktor ketokohan dan citra partai yang menjadi pertimbangan signifikan konstituen dalam menetapkan pilihannya,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, saat merilis bertema “Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir” dirilis secara daring, Sabtu (5/6/2021).

Adi menyebutkan, faktor ketokohan mendominasi motif memilih partai mencapai 22,9%. Setelah itu, faktor citra dan emosional ikut menentukan arah pilihan konsituen terhadap partai, sebesar 18,2%.

“Di antara tokoh partai yang ada, Jokowi memiliki pengaruh terbesar (4,2%) disusul Prabowo (3,2%) lalu SBY (1,3%) dan Megawati (0,5%),” tuturnya.

Parpol berikutnya yang menyusul di bawah tiga besar adalah Partai Demokrat dan PKB. Menurut Adi, elektabilitas partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono ini mengalami peningkatan  cukup signifikan, yakni 8,4%, disusul PKB 8,2%.

“Hingar bingarnya perseteruan dengan Moeldoko beberapa waktu lalu turut mendongkrak poplaritas dan elektablitas Partai Demokrat,” kata Prayitno.

Posisi keenam masih diduduki PKS dengan suara 7,5% diikuti Partai NasDem sebanyak 5,0% ada di urutan ketujuh. PAN 4,3%, PPP 3,5% serta PSI di 1,6% berada di tiga rangking paling buncit dalam komposisi 10 besar.

Hasil survei ini menambah kepercayaan diri PDI Perjuangan. Partai penguasa ini pun telah memasang target menang tiga kali beruntun (hattrick) pada Pemilu 2024 nanti.

Target tersebut kembali ditegaskan dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PDIP untuk 8 Wilayah se-Jatim di Gedung DPRD Jalan Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (5/6/2021). Acara itu dibuka Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi.

“Hatrick pastilah. Kita solidkan lagi sejak dini. Semua yang kita kerjakan tujuannya adalah untuk menghadapi tahun 2024,” kata Kusnadi.

Anggota DPRD dari Dapil Jawa Timur 1 itu menambahkan, dalam Rakercab ini para kader diminta membekali diri melalui pelatihan guna merealisasikan target menang hattrick. Menurutnya, kemenangan itu tidak hanya untuk Pileg, tetapi juga Pilpres 2024.

“Harapan sering tidak sampai karena tidak ada bekal dan persiapan yang matang. Untuk tahun 2024, para kader diingatkan tentang hasil Kongres PDI Perjuangan yang sudah disepakati. Yaitu kita harus mempunyai rencana kerja untuk mencapai target,” tuturnya.

Rencana kerja itu, lanjut Kusnadi, diawali dengan pemetaan potensi di masing-masing wilayah sampai tingkat bawah. Hal ini menjadi tugas setiap kader demi mewujudkan target kemenangan di Pemilu 2024.

“Kita petakan siapa saja tokoh di tempat itu, ada berapa desa di wilayah itu, harus dipetakan semua. Jadi kita tidak sekedar ngomong tapi by data. Bahwa kita siap,” tutur Ketua DPRD Provinsi Jatim itu. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini