Wagimo, petani asal Dusun Plosowedi, Desa Plosogeneng, Kecamatan/Kabupaten Jombang, menunjukkan tanaman padi miliknya yang sebagian besar dimakan wereng, Senin (3/7/2023).

Bongkah.id – Hama wereng kian merebak mengakibatkan sejumlah lahan tanaman padi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami gagal panen. Kejadian ini membuat petani merugi hingga jutaan rupiah.

Kerugian akibat gagal panen ini dialami Wagimo (57), petani asal Dusun Plosowedi, Desa Plosogeneng, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Dia mengatakan usahanya membasmi hama di sawah miliknya sejak usia padi umur 40 hari tidak membuahkan hasil.

ads

“Hamanya tidak hanya wereng tapi juga ada hama yang lainya yaitu burung yang juga makan padi yang harus di jaga kalau tidak maka gagal panen,” jelasnya. Senin (3/7/2023).

Wagimo juga sempat menerima bantuan dari PPL pertanian serta sudah dilakukan dari perorangan, namun upaya penanggulangan hama wereng tetap saja tidak bisa dihentikan.

“Obatnya tidak bisa mengendalikan hama wereng mungkin sangking banyaknya serangan wereng, sebab tidak hanya wereng tapi juga ada ulat batang, kepik hitam dan burung yang mengancam bagi petani padi ,” terangnya.

Selain itu, penyemprotan pestisida juga sempat dilakukan namun hanya untuk menanggulangi hama wereng saja, belum hama yang lainnya.

“Serangan hama burung bagi yang punya uang pasang jaring di atas padi  yang tidak punya ya harus jaga di sawah untuk mengusir burung,” jelasnya.

Sementara kerugian petani tersebut mencapai hingga Rp 5 juta sampai Rp 8

juta rupiah. “Bisanya per Seratusnya mendapatkan 1 ton padi dan rencananya ini akan di bongkar sebab tanaman padi sudah gagal akibat hama,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini