Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) berbincang serius dengan pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Senin (31/5/2021).

Bongkah.id – Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim mendorong Partai Gerindra mengusung capres dari Jawa Timur. Sosok kandidat yang dijagokannya tak lain ialah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kiai Asep tak segan menyodorkan nama Khofifah sebagai capres saat bertemu dengan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Ponpes Amanatul Ummah, Minggu (30/5/2021) malam. Langkah tersebut menunjukkan hubungan mantan anggota Tim 9 dengan sang gubernur yang didukungnya pada Pilgub Jatim 2018 silam masih cukup mesra.

ads

“Kalau sosok Jawa Timur ya Ibu Khofifah Indar Parawansa, sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada ya peluangnya kecil,” ujar Kiai Asep terang-terangan di depan Ahmad Muzani.

Menurutnya, belum ada figur di Jatim yang bisa menandingi Khofifah. Dia menilai, elektabilitas dan popularitas mantan Menteri Sosial RI itu terus meningkat seiring kinerjanya sebagai gubernur yang meraup banyak simpati masyarakat Jawa Timur.

“Tokoh Jawa Timur yang paling cocok untuk naik ke nasional ya Ibu Khofifah Indar Parawansa,” tegasnya.

Baca: Dipasangkan dengan Ridwan Kamil di Pilpres, Khofifah: Ayo Rek

Hanya, Kiai Asep belum yakin jika arah dukungannya sesuai dan mendapat lampu hijau dari Partai Gerindra. Mengingat masih ada Ketua Umum Prabowo Subianto yang digadang masih berniat maju pada Pilpres 2024.

“Saya belum tahu kalau itu,” tandas Kiai kelahiran Majalengka, Jawa Barat ini.

Namun demikian, Kiai Asep mengaku bersyukur mendapat kunjungan dari elit politik nasional, apalagi sosok tersebut merupakan petinggi partai besar. Dia menganggap, pertemuan ini bisa menjadi sinyal positif bagi kancah politik Jawa Timur.

“Semoga awal silaturahmi ini bisa saling memberikan kerjasama yang baik untuk kedepannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani tak menanggapi langsung dukungan Kiai Asep kepada Khofifah. Alih-alih demikian, dia tetap membahas politik dengan mengajak putra Kiai Asep yang juga Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra untuk bergabung ke partainya.

“Partai Gerindra siap mendukung Gus Barra untuk melanjutkan karir politiknya semakin baik lagi,” ujar Muzani.

Kunjungan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu ke Ponpes Amanatul Ummah disinyalir bagian dari agenda politik Gerindra untuk meraup dari kalangan ulama dan kiai.  Hal itu bisa ditengarai  dari safari Muzani ke Jawa Timur.

“Silaturahim dan halal bi halal kepada para ulama dan kiai,” ucap Muzani.

Selain mengunjungi pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, dia juga sowan ke sejumlah ulama lain di antaranya, pengasuh Ponpes Sunan Drajat di Paciran, Lamongan, KH Abdul Ghofur. Hari ini, Senin (31/5/2021), dia berziarah ke makam KH Wahab Hasbullah, salah satu pendiri ormas terbesar Nahdlatul Ulama yang telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini