Petugas PJR Polda Jatim melaporkan pantauan arus mudik di Gerbang Tol Nganjuk, Jumat (29/4/2022).

Bongkah.id – Kenaikan volume kendaraan mulai terjadi di sejumlah ruas tol yang mengarah ke Jawa Timur sejak Kamis (28/4/2022) malam. Lonjakan diperkirakan mencapai tiga kali lipat dari hari sebelumnya.

Dari data yang dihimpun, tercatat hanya 5.497 kendaraan yang masuk ke wilayah Jatim pada Rabu (27/4/2022). Angka tersebut naik menjadi 15.924 kendaraan pada Kamis (28/4/2022).

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latief Usman membenarkan jika ada peningkatan kendaraan yang masuk ke provinsi paling timur Pulau Jawa.
Dia merinci ada 15 ribu lebih kendaraan yang masuk ke Jatim pada H-3 Lebaran.

“Kita masih menunggu nanti malam sampai besok, bahwa dua hari ini puncak arus mudik. Tapi alhamdulillah lancar, semoga akan berlanjut sampai operasi selesai. Kita akan mengantisipasi di hari H hingga H+3 karena aktivitas masyarakat berkunjung ke saudara akan tinggi,” kata Latief, Jumat (29/4/2022).

Hari ini, Jumat (29/4/2022), Irjen Nico bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, serta Bupati Ngawi Ony Anwar meninjau arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan dan tol di wilayah Kabupaten Ngawi. Rombongan Forkompinda Jatim juga memberikan bingkisan pada petugas dan melakukan pengecekan vaksinasi para pemudik di rest area KM 575 A Ngawi.

“Soal kesiapan Sat Lantas terkait laka lantas gimana?” tanya Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta kepada Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya di lokasi, Jumat (29/4/2022).

Menjawab pertanyaan Kapolda, Winaya menjelaskan Polres Ngawi siap menyambut puncak arus mudik hari ini.  Untuk antisipasi kecelakaan lalu lintas, Polres Ngawi telah menyiagakan mobil derek serta mobil pemadam kebakaran.

“Mohon izin komandan hingga hari ini kami pantau bersama PJR Polda Jatim, situasi masih aman lancar hingga H-3. Sudah mulai ada kenaikan volume mulai H-2, tapi belum signifikan. Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas kami siapkan mobil derek dan mobil PMK,” ujar Winaya. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here