Puluhan anggota Linmas Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengikuti pembinaan dan pembekalan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada Rabu (25/10/2023).

Bongkah.id –  Menjelang pemilhan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banyuwangi, anggota perlindungan Masyarakat (Linmas) melaksanakan simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS). Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian agenda pembinaan guna meningkatkan keterampilan Linmas.

Ketua Panitia Pilkades Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Basri mengatakan, pembinaan terkait peran dan tugas penting Linmas selama pelaksanaan seluruh tahapan Pilkades. Hal itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pembentukan sikap juga perilaku Linmas.

ads

“Linmas menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan di tingkat desa. Maka, peran mereka sangat vital dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades di Desa Kepundungan ini, terutama saat menjaga tempat pemungutan suara (TPS),” kata Basri, Senin (23/10/2023) malam.

Di Desa Kepundungan, terdapat 32 orang Linmas yang mengikuti pembinaan dan pembekalan terkait tugas pokok. Selain pemaparan materi, mereka juga melakukan simulasi pelaksanaan Pilkades di TPS, mulai persiapan pencoblosan hingga penghitungan rekapitulasi suara.

Adapun petugas kepolisian dan TNI akan menjadi pendukung dalam pengamanan. Pasalnya, tugas dan wewenang Babinkamtibmas (Polri) serta Babinsa (TNI) lebih luas dibanding Linmas.

“Sehingga Linmas menjadi penting dalam ikut serta menjaga keamanan,” tandas Basri. (wan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini