Sungai Rejoso di Desa Ngumpul, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang yang diduga tercemar limbah pabrik tahu, Senin (23/10/2023).

Bongkah.id – Warga mengeluhkan aroma busuk di saluran sungai di Dusun Rejoso, Desa Ngumpul, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Selain berbau, air kanal juga berubah berwarna putih pekat yang diduga karena tercemar limbah.

”Kalau kondisi saluran ini memang seperti ini. Memang musim kemarau pasti sangat terlihat jelas,” ujar Budi salah satu warga sekitar, Senin (23/10/2023).

ads

Budi menyebutkan, sungai yang diduga tercemar limbah selama bertahun-tahun ini tidak ada perubahan hingga sampai sekarang. Bahkan, pemkab juga seringkali mengambil sampel air saja.

”Ya belum ada tindakan sampai sekarang. Buktinya kondisinya masih sama selama bertahun-tahun,” tuturnya.

Dirinya menduga, saluran air yang berubah menjadi berwana putih dan menimbulkan bau ini dikarenakan adanya industri tahu. ”Mungkin karena limbah tahu itu. Jadi sungai menjadi seperti ini,” tutur dia.

Menurut Budi, saat musim penghujan kondisi saluran air memang terlihat normal. Pasalnya, debit air yang tinggi membuat limbah juga terbawa air.

”Ya semoga saja masalah ini bisa segera diatasi seterusnya,” pungkas Budi.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini