Warga saat berbondong-bondong tukar kupon makan gokil di alun-alun Jombang. Sabtu (23/9/2023).

Bongkah.id – Kabupaten Jombang pecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) Sego Kikil (Gokil) yang disajikan dengan bungkusan pincuk sebanyak 15.000.

Warga saling berebut menyodorkan kupon yang telah disediakan untuk ditukarkan dengan seporsi gokil, bukan hanya kalangan dewasa, anak-anak hingga remaja dan dewasa juga turut antusias menyantap gokil yang di selenggarakan di alun-alun Kabupaten Jombang. Sabtu (23/9/2023).

ads

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab menjelaskan, gokil merupakan salah satu makanan khas yang diburu oleh para pengunjung, selain itu, gokil juga identik dengan makanan kesukaan GusDur yakni Presiden ke 4 RI.

“Awalnya memang GusDur menyukai kikil abang yang ada di Mojosongo, kemudian bermunculan masyarakat yang berjualan,” ujar Mundjidah saat dimintai keterangan.

Selain Gokil, bupati juga ingin menempatkan Dusun Mojosongo, Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Jombang menjadi pusat warung makan gokil.

“Di Mojosongo sebagai area gokil maka kita lakukan agar dapat muri Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik,” jelas dia.

Selain pecah rekor muri gokil, kabupaten Jombang juga berhasil pecahkan rekor muri tumpeng ikan yang terdiri dari 4000 ikan lele.

“Penghargaan Gokil yang digelar hari ini merupakan penghargaan yang ke-6 dan ke-7 Kabupaten Jombang dari MURI,” pungkas Mundjidah. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini