Kandang ayam milik Siswanto (39) di Dusun Sidokampir, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ludes terbakar, Jumat (17/11/2023).

Bongkah.id – Satu bangunan kandang ayam di Dusun Sidokampir, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terbakar pada Jumat (17/11/2023). Akibat peristiwa itu, dua bangunan kandang berukuran 15×100 meter persegi tersebut beserta 8.000 ayam yang masih berusia 2 minggu ludes dilalap api.

Petugas Damkar Pos Mojoagung, Riza Maulana mengatakan, peristiwa kebakaran tempat usaha peternakan ayam milik itu, terjadi pada Jumat dini hari. Akibat kebakaran ini, pemilik kandang, Iwan Siswanto (39) warga Desa Budugsidorejo, mengalami kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

ads

“Diduga karena konsleting arus listrik. Kerugian sekitar Rp 300.000.000, karena ada dua tempat (kandang ayam) yang terbakar, ukurannya kurang lebih 15 kali 100 meter persegi,” katanya.

Api diduga berasal dari adanya konsleting arus listrik yang berasal dari dalam kandang. Menurut Riza, hal itu terjadi akibat buruknya kualitas instalasi listrik yang ada di dalam kandang ayam.

“Kita dapat laporan kebakaran dari warga sekitar jam 3.00 WIB. Setelah itu kita terjunkan dua unit mobil damkar ke lokasi, beserta satu unit mobil suplai,” ucap Riza.

Dia mengaku setelah sampai di lokasi kebakaran, petugas berusaha melakukan pemadaman. Namun, karena bangunan terbuat dari bambu dan atap terbuat dari daun tebu, membuat api dengan cepat menghanguskan kandang ayam tersebut.

“Yang terbakar ini kandang ayam, untuk di dalamnya ada ayam kurang lebih 8.000 ekor. Untuk usianya kisaran dua mingguan,” ujar Riza. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini