CJH saat melakukan bimbingan manasik haji di alun-alun Jombang.
CJH saat melakukan bimbingan manasik haji di alun-alun Jombang.

Bongkah.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang melakukan screening terhadap Calon Jamaah Haji (CJH), dari hasil skrining kesehatan ditemukan ratusan CJH masuk kategori resiko tinggi (Risti).

“Sebanyak 1.160 CJH menjalankan pemeriksaan, hasilnya 684 CJH yang dinyatakan masuk kategori risti,” ujar Kepala Bidang pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jombang Haryo Purwono. Selasa (13/6/2023).

ads

Dijelaskan Haryo, CJH yang dikategorikan risti paling banyak akibat penuaan dan hipertensi, sebagian juga memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus, hiperlipidemia, hiperkolesterolemia, penyakit saluran nafas, obesitas dan stroke. “Selain itu, Jamaah haji dinyatakan sehat,” ungkapnya.

Meski masuk dalam kategori risti, 684 CJH tetap bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. “Meskipun sudah berusia 60 tahun (lansia) tetap bisa berangkat asalkan dinyatakan istitha’ah,” bebernya.

Selain itu, ia menghimbau kepada CJH berkategori risti, agar selalu menjaga kesehatan dan pola makan saat dan sebelum menjalankan ibadah haji.

“Apalagi cuaca disana sangat berbeda dengan negara kita, istirahat yang cukup, makan dan minum serta vitamin yang cukup harus selalu diperhatikan,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini