Ribuan calon jemaah haji (CJH) yang dipastikan berangkat ke tanah suci tahun ini mengikuti bimbingan manasik haji di Alun-Alun Jombang, Jawa Timur, Sabtu (27/5/2023).

Bongkah.id – Sebanyak 1.092 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dipastikan berangkat ke Mekkah tahun 2023. Mereka mengikuti bimbingan manasik haji di alun-alun daerah setempat, Sabtu (27/5/2023).

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang Muhajir mengatakan, sebanyak 1092 CJH yang sudah dipastikan keberangkatannya itu dibagi menjadi 3 kloter.

ads

“Kloter ke 77 ada 395 jamaah haji, kloter 78 ada 445 jamaah haji dan kloter 79 ada 252 jamaah haji, jadi totalnya 1092 jamaah,” ujarnya, Sabtu (27/5/2023).

Meski begitu, terdapat beberapa Calon Jamaah Haji yang tidak bisa dipastikan keberangkatannya dengan salah satu alasan pelunasan pembayaran.

“Sebelumnya ada 1177 CJH, sekarang menjadi 1092 CJH, jadi sekitar 85 CJH yang belum bisa dipastikan berangkat,” bebernya.

Dari 1092 CJH yang sudah dipastikan keberangkatannya, sebanyak 30% diantaranya sudah memasuki masa lansia. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemerintahan Kabupaten Jombang memberikan arahan untuk selalu mengonsumsi vitamin dan perbanyak air mineral.

“Nanti ada pendampingan khusus dari pemerintah, Kami juga berpesan kepada pendamping kloter agar tetap sigap dalam membantu lansia,” ujar Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang menghadiri bimbingan manasik haji di alun-alun Jombang.

Dikatakan Mundjidah, tujuan adanya bimbingan manasik haji di tingkat Kabupaten Jombang untuk membiasakan para CJH pada cuaca di tanah suci.

“Selain itu, kita ingin memberikan pengalaman praktik kepada jamaah yang belum sama sekali pergi ke tanah suci. Sekaligus kita bangun persaudaraan jamaah di Kabupaten,” pungkasnya. (ima)

 

Foto : Bimbingan manasik haji di alun-alun Kabupaten Jombang. Sabtu (27/5/2023).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini