Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia asal Austria, meninggal dunia di usia 70 tahun.

Bongkah.id – Mantan pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit kanker.  Pria berkebangsaan Autria itu menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (8/9/2020) malam waktu setempat.

Riedl meninggal dunia di usia 70 tahun. Disebutkan bahwa pria kelahiran Wina itu sudah lama berjuang melawan berbagai penyakit.

Sebelum terkena kanker, Riedl sudah menderita gagal ginjal. Ia pernah menerima ginjal dari seorang pendonor 13 tahun silam.

Penyakit yang bersarang di tubuhnya itu diduga menyebabkan Riedl gagal melatih Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019 lalu. Tugas itu kemudian diemban asistennya, Wolfgang Pikal yang juga hanya bertahan singkat.

“Kabar duka, Eks Bos OFB (Federasi Sepakbola Austria) meninggal dunia di usianya yang ke-70 karena penyakit serius. Alfred Riedl meninggal dunia karena kanker pada Senin malam sebelum hari Selasa,” tulis media Austria, Kurier.

Nama Riedl cukup tersohor di sepakbola Tanah Air, meski tak pernah memberikan prestasi bagi Timnas Indonesia. Itu karena ia tiga kali menangani Timnas Indonesia, yakni pada 2010, 2013, dan 2016. Selama masa baktinya itu, ia hanya mampu membawa skuat Garuda meraih runner-up di Piala AFF 2010 dan 2016.

Di luar Indonesia, nama Riedl juga harum di Vietnam. Riedl pernah membesut Timnas Liechtenstein, Vietnam, Palestina, dan Laos. Namanya mulai melambung ketika berhasil membawa Vietnam lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2007.

Di level timnas, Alfred Riedl juga pernah melatih Austria, Liechtenstein, Palestina, Laos, dan beberapa klub seperti El Zamalek, Hai Phong, hingga PSM Makassar. Sementara di masa bermainnya, ia berposisi sebagai striker dan punya empat caps membela Timnas Austria. (kur/bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here