Sukardi saat berkarya membuat kerajinan casing hp dari batang bambu di halaman rumahnya, Dusun Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (6/9/2023).

Bongkah.id – Keterbatasan fisik tak bisa menghalangi seseorang untuk berkreasi dan berkarya. Hal itu dibuktikan oleh Sukardi, penyandang disablitas asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang sukses membuat casing handphone (Hp) dari batang bambu hingga dijual ke mancanegara.

Meski dalam keadaan yang kurang mendukung, Sukardi tak pernah patah semangat dalam berkarya hingga membuatnya semakin naik daun. Dia bercerita awal mula dirinya membuat kerajinan kotak pensil cuma-cuma yang terbuat dari bambu.

ads

“September 2019 awal mula membuat tempat pensil,” ujar Sukardi, Rabu (6/9/2023).

Dari kotak pensil bambu, ide kreatif Sukardi muncul untuk membuat miniatur vespa, saat itu ia menjual karyanya kepada teman sesama disabilitas yang mewadahi karya para disabilitas.

“Kami dapat uang darinya, kemudian uang tersebut kita belanjakan untuk keperluan pengembangan usaha kerajinan kami,” jelas warga Dusun Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, ini.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini